Mohon tunggu...
Rahman ZakiRizaldy
Rahman ZakiRizaldy Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta Program Studi Pendidikan Agama Islam

Menyukai kegiatan pendakian dan bersepeda

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Pembahasan Seputar Metode Accelerated Learning

7 Januari 2025   11:25 Diperbarui: 7 Januari 2025   11:25 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
source : stitma.yogyakarta

Accelerated learning merupakan salah satu hasil dari inovasi dalam pendidikan. Inovasi ini dilakukan karena tuntutan zaman yang berkembang sangat cepat. Belajar yang harus sesuai dengan waktu yang ditentukan agaknya sudah tidak menjadi tradisi yang relevan di masa sekarang, karena laju informasi dan teknologi yang semakin cepat, dunia kerja yang terus berubah, kegiatan masyarakat bahkan kegiatan rekreasipun menjadi semakin kompleks. Oleh karena itu kita harus mengetahui pula cara menyerap informasi lebih cepat lagi. Belajar yang sekarang kita lakukan kemungkinan besar tidak akan sama dengan belajar yang kita lakukan ke depan. Sutrisno (2005: 33) menyatakan accelerative artinya percepatan dan learning artinya pembelajaran. Accelerative Learning seringkali disebut juga accelerated learning. Accelerated itu sendiri bermakna dipercepat. Dalam pengertian yang lain di sebutkan bahwa Accelerated learning adalah "It's a total system for speeding and enhancing both the design process and the learning processes. Based on the brain research, it has proven again and again learning effectiveness while saving time and money in the process". Artinya: "Accelerated learning sebuah sistem yang menyeluruh untuk mempercepat dan meningkatkan rancangan dan proses belajar. Berdasarkan pada penemuan atau penelitian tentang otak, yang membuktikan dan meningkatkan kembali efektifitas belajar yang menghemat waktu dan biaya dalam proses belajar".

Metode -- metode ini memiliki prinsip -- prinsip sebagai berikut ( Meier, 2002)

1. Belajar melibatkan seluruh pikiran & tubuh, dengan segala emosi, indra & syarafnya

2. Belajar membuat orang berkreasi, bukan sekedar menkonsumsi pengetahuan / informasi

3. Kerjasama membantu proses belajar

4. Pembelajaran berlangsung pada banyak tingkatan secara simultan ( sadar dan bawah sadar, mental & fisik )

5. Belajar berasal dari mengerjakan pekerjaan itu sendiri ( dengan umpan balik )

6. Emosi positif sangat membantu pembelajaran

7. Otak -- visual / citra menyerap informasi secara langsung & otomatis.

Dengan demikian, accelerated learning merupakan salah satu hasil inovasi dalam pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan rancangan dan proses belajar. Inovasi ini dilakukan karena tuntutan zaman yang berkembang sangat cepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun