BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Lingkungan sekolah yang sehat merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif. Sebagaimana diungkapkan oleh Suyanto (2016) lingkungan sekolah yang bersih dan sehat berperan dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman dan mampu meningkatkan produktivitas siswa. Namun, kenyataan di lapangan sering kali menunjukkan bahwa masih banyak sekolah yang menghadapi permasalahan lingkungan, salah satunya adalah pengelolaan sampah plastik yang tidak terkendali. SDN Cipocok Jaya 4 sebagai salah satu institusi pendidikan dasar di Kota Serang, menghadapi permasalahan serupa, terutama pada kebiasaan penggunaan plastik oleh siswa saat membeli makanan di kantin. Penggunaan plastik sebagai wadah makanan tidak hanya berdampak buruk bagi lingkungan, tetapi juga memiliki potensi risiko kesehatan bagi siswa. Kondisi ini menjadi perhatian serius bagi kepala sekolah.
Berdasarkan pendapat Uzer Usman (2011) kepala sekolah memiliki peran strategis sebagai manajer yang bertanggung jawab atas keberhasilan operasional sekolah termasuk dalam mengelola program-program yang mendukung terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Dalam upaya menanggapi permasalahan penggunaan plastik, kepala sekolah SDN Cipocok Jaya 4 mencetuskan program Gerakan Sekolah Sehat. Program ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah, sekaligus membiasakan siswa hidup sehat dan mandiri sejak dini. Berdasarkan latar belakang ini, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen kepala sekolah dalam mengimplementasikan Gerakan Sekolah Sehat di SDN Cipocok Jaya 4, dengan fokus pada langkah-langkah, tantangan, dan dampak program tersebut terhadap siswa dan lingkungan sekolah.
B. Rumusan Masalah
- Bagaimana manajemen kepala sekolah dalam mengimplementasikan program "Gerakan Sekolah Sehat" di SDN Cipocok Jaya 4?
- Apa saja dampak implementasi program tersebut terhadap lingkungan sekolah dan perilaku siswa?
C. Tujuan Penelitian
- Menganalisis manajemen kepala sekolah dalam mengimplementasikan program "Gerakan Sekolah Sehat" di SDN Cipocok Jaya 4.
- Mengidentifikasi dampak implementasi program "Gerakan Sekolah Sehat" terhadap lingkungan sekolah dan perilaku siswa.
BAB IIÂ
PEMBAHASAN
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami secara mendalam bagaimana kepala sekolah SDN Cipocok Jaya 4 mengelola dan mengimplementasikan program Gerakan Sekolah Sehat. Pendekatan ini dipilih untuk menggali data melalui interaksi langsung dengan subjek penelitian dan memahami konteks program secara holistik.
Subjek PenelitianÂ