Kalongan (22/01) Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro di Desa Kalongan melakukan serangkaian kegiatan, salah satunya adalah mengenalkan branding merk pada UMKM di Desa Kalongan. Merk merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap produk. Merk menjadi ciri khas dari sebuah produk. Adanya merk menjadi pembeda antara satu produk dengan produk lain. Merk juga harus dimiliki oleh produk UMKM. Merk dapat membuat produk UMKM lebih dikenal. Namun, merk juga harus memiliki branding sehingga merk dapat lebih dikenal oleh konsumen. Sayangnya, branding merk masih jarang dilakukan oleh pelaku UMKM. Pelaku UMKM masih belum mengerti pentingnya branding merk.
Hal ini juga terjadi pada UMKM di desa Kalongan. Masih banyak UMKM yang belum mengerti pentingnya branding merk sehingga produk mereka masih dikenal sedikit orang yang menyebabkan sepinya pembeli produk. Oleh karena itu, program ini diharapkan dapat mengenalkan branding merk pada pelaku UMKM terhadap pelaku UMKM sehingga produk mereka dapat memiki ciri khas tersendiri.
Penyuluhan dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Januari 2022. Penyuluhan diadakan di rumah masing-masing pelaku UMKM. Hal ini menjadikan penyuluhan berlangsung lebih intens sehingga para pelaku UMKM tidak sungkan untuk bertanya.
Para pelaku UMKM berharap dengan dikenalkannya branding merk dapat membuat produk mereka menjadi lebih terkenal sehingga dapat meningkatkan pendapatan dengan meningkatnya penjualan produk UMKM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H