Mohon tunggu...
Rahadi Agung Raharjo
Rahadi Agung Raharjo Mohon Tunggu... Mahasiswa - profesi sebagai seorang Mahasiswa UPN "Veteran" JawaTimur yang berkopetensi dibidang maintenance dan konversi energi

profesi yang sedang saya kembangkan pada bidang maintenance yaitu magang di PT GMF AeroAsia Tbk. cabang Surabaya yang ditempatkan di line maintenance dan pada bidang konversi energi yang sedang saya teliti yaitu terkait hydrogen yang akan dikembangkan sebagai bahan bakar terbarukan untuk pengganti bahan bakar fosil dimasa sekarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengenalan Berbagai Maintenance yang Diterapkan di Line Maintenace GMF

1 Oktober 2023   10:57 Diperbarui: 1 Oktober 2023   11:16 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Magang di PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk : Mempelejarai Terkait Dunia Penerbangan

Tanggal: 30 September 2023

Oleh: Rahadi Agung Raharjo

Pada berita kali ini Kita akan mempelajari terkait berbagai macam maintenace yang telah diterapkan di line maintenace 

PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia Tbk merupakan sebuah perusahaan dimana bergerak di bidang jasa perawatan pesawat terbang, perawatan komponen dan kalibrasi, perawatan mesin untuk pesawat dan industri, pembuatan dan perawatan sarana pendukung, jasa engineering, jasa layanan material, logistik, pergudangan dan konsinyasi serta jasa konsultan, pelatihan dan penyediaan tenaga ahli di bidang perawatan pesawat, komponen dan mesin.

Jadi pada kali ini untuk maintenace dibagi menjadi 7 bagian:

Untuk yang peratama ada yang dinamakan Transit Check dimana pesawat yang telah take-off di bandara akan dilakukan inspeksi demi keamanan pesawat. Pada proses Transit Check yang pertama kita check yaitu pada bagian wheel chocks are in position, lalu kita akan melakukan walk around. 

Pada proses walk around kita akan mulai mengamati dari nose pesawat, lalu ke area nose wheel kita check apakah ada kebocoran atau ada beberapa masalah yang harus diselesaikan, lalu dilanjutkan ke bagian fuselage atau badan pesawat kita akan memastikan pada bagian pesawat tidak ada damage, lalu kebagian cargo, dilanjut ke bagian engine pesawat dimana kita mengecek pada bagian luar engine apakah ada damage atau tidak dan dilanjut untuk memastikan bahwa fan bleed dalam keadaan aman.

Lalu dilanjutkan ke bagian LH/RH Wing untuk mengecek apakah pada bagian wing juga aman untuk SOP yang di lakukan dalam walk around yaitu ada yang namanya Missing Damage Leak Abnormality dimana untuk SOP tersebut kita dapat mengetahui apa saja yang kita lakukan saat walk around. Setelah proses walk around pada LR/RH wing selesai dilanjutkan ke bagian elevator pesawat lalu untuk yang terakhir yaitu pada saat transit check ada releasement dimana tugas dari releasement yaitu mengecek AML, fungsi AML yaitu untuk mengetahui histori dari pesawat tersebut selama perjalanan jadi dari AML kita dapat mengetahui apakah pesawat dalam kondisi baik atau butuh perbaikan.

Pada saat terakhir setelah selesai melakukan walk around kita selalu melakukan refuel atau pengisian bahan bakar untuk penerbangan selanjutnya, proses refuel hanya dilakukan ketika transit check, seperti berukut:

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun