Mohon tunggu...
Muhammad Rafly
Muhammad Rafly Mohon Tunggu... Mahasiswa - Untuk saat ini masih berstatus mahasiswa

Hobi belajar gitar

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Alasan Kenapa Memilih Instrument Gitar dan Menjadikannya sebagai Spesialisasi

15 Desember 2022   20:00 Diperbarui: 15 Desember 2022   20:07 826
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebelum masuk ke topik saya ingin menceritakan segelintir pengalaman saya. jadi saya itu sejak masih SD tuh saya melihat suatu alat musik yang Bernama gitar, nah saya juga pas masih SD belum tau tuh bahwa gitar itu ada berbagai macam tipe dan jenis nya yang saya tau pas dulu Cuma ada satu gitar yang saya tunjukan seperti foto di bawah ini

Semenjak pertama kali melihat alat musik gitar saya itu entah kenapa suka jadi penasaran dan selalu ingin tau bahwa gitar itu kaya gimana sih cara di mainkan nya, nah kebetulan pada saat itu di sekolah SD ada gitar milik guru pramuka saya yang sedang menganggur alias tidak sedang di mainkan. 

Lalu saya masuk ke ruang guru untuk meminjam gitar, saya juga pada saat di posisi mau meminjam gitar tuh saya emang masih bener-bener gabisa gitu memainkan gitar, ya Namanya juga masih anak-anak jadi Cuma bermodalkan ingin tahu aja. 

Nah gitar nya udah saya pinjem kan, lalu saya mencoba memainkan nya, jadi yang di mainkan nya tuh bukan kaya main gitar pada umum nya gitu Cuma kaya di posisi pegang gitar pada umum nya lalu si senar nya tuh Cuma di genreng-genjreng gajelas gitu ga kaya si senar nya di teken pake tangan kanan lalu membentuk suatu akord engga ga gitu, jadi ya Cuma tangan kiri nya aja yang main sedangkan tangan kanan nya Cuma diem aja gitu nahan pegangan neck gitar nya.

Dari situ saya kan berpikir “lah ko gini bunyi nya ga enak banget sama suara yang di hasil kan nya di tambah suara nya ga enak di dengar”, jadi saya juga yaudah ah balikin aja gitar nya, dalam pikiran tuh “ah ini mah mungkin gitar nya jelek kali jadi bunyi nya kaya gini ga enak di dengar”.

Nah udah gitu kan di balikin lagi gitar nya, terus ga lama kemudian saya lihat tuh guru pramuka saya sedang memainkan gitar nya, terus saya mikir “lah itu suara nya enak tapi kenapa pas saya yang main suaranya ga kaya gitu ya ko aneh”.

Beberapa hari kemudian sodara berkunjung kerumah sembari membawa gitar, lalu saya perhatiin gitu gimana sih cara memainkan gitar yang bener tuh, pas saya lihat sodara saya sedang memainkan gitar nya ternyata saya baru sadar cara memainkan gitar tuh bukan sekedar tangan kiri aja yang bergerak naik turun akan tetapi tangan kanan juga harus ikut bergerak sembari menekan senar nya. Lalu saya bertanya kan kepada sodara “ eh coba mainin gitar nya tapi pelan-pelan dong”, nah itu saya bener-bener merhatiin tuh tiap dia memainkan gitar nya dengan teliti, habis itu saya bilang kan ke sodara “ pinjem gitar nya dong penasaran pengen coba mainin ”

Saya coba tuh mainin gitar nya sembari menekan senar nya disitu saya seneng gitu akhirnya kaya gini toh memainkan gitar tuh, ya meskipun masih asal sih itu juga. Lalu saya juga di ajarin sedikit tapi di ajarin nya tuh kaya mainin gitar nya tuh Cuma satu senar satu senar gitu bukan kaya yang kompleks banget, Yaudah gitu saya mah ngikutin aja apa yang di ajarin sama sodara. Pas saya lagi asik belajar gitar eh tiba-tiba sodara udah mau pulang lagi alhasil gitar nya juga di bawa pulang.

Ke esokan hari ada temen nya sodara mau menjual gitar terus nawarin gitu ke saya, tanpa berpikir Panjang langsung di beli aja. Kalo orang-orang di lingkungan saya mah bilang gitar murah itu “ Gitar sayur ” karena kalo gitar nya di simpen pada suhu dingin neck nya suka bengkok sama di bagian body belakang gitar nya suka menggembung.

Aneh nya tuh pas udah punya gitar sendiri kaya males gitu buat belajar gitar tapi saya lawan rasa males itu biar rasa penasaran nya terbayarkan. Dan akhirnya saya pun bisa gitu memainkan satu lagu india akan tetapi saya memainkan nya satu senar aja semacam melodi untuk pemula gitu. Habis lagu itu bisa di mainkan  meskipun Cuma awal nya aja seneng nya tuh bukan main gitu, alhasil pengen nyobain memainkan lagi lagu yang lain.

Seiring berjalan nya waktu tiba lah ke masa SMP, jadi saya itu masih tetep main gitar nah yang berbeda disini tuh bersyukur gitu belajar gitar ada peningkatan nya. Inget banget tuh pas SMP ngulik lagu  yang berjudul Peterpen – Semua tentang kita, lagu ini kalau di kalangan pemain gitar tuh terkenal di gunakan untuk me nyetem gitar yang fals,pokonya kalau gitar nya fals di stem pake lagu ini.pas SMP juga saya sedang belajar menyetem gitar biar ga fals menggunakan lagu tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun