Mohon tunggu...
Rafli Abdul Rasyid
Rafli Abdul Rasyid Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Pegawai Swasta

Saya adalah seorang Mahasiswa aktif di perguruan tinggi di Universitas Potensi Utama, Mahasiswa Prodi Manajemen, dan pegawai aktif di perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri pengolahan kelapa sawit di PT MUSIM MAS.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manajemen Pemasaran, Sofyan Assauri 2013

26 Desember 2024   07:52 Diperbarui: 26 Desember 2024   12:07 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://images.app.goo.gl/NC8BnXK1mZE7LFyD8

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, manajemen pemasaran menjadi salah satu elemen kunci untuk mencapai keberhasilan perusahaan. Sofyan Assauri, dalam bukunya yang berjudul "Manajemen Pemasaran", menjelaskan bahwa manajemen pemasaran melibatkan serangkaian aktivitas seperti analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program pemasaran. Tujuan utamanya adalah menciptakan pertukaran produk yang mampu memenuhi kebutuhan pasar sasaran sekaligus mencapai tujuan organisasi.

Berikut adalah ulasan lengkap tentang konsep, strategi, dan faktor keberhasilan manajemen pemasaran berdasarkan pemikiran Sofyan Assauri.

1. Pengertian Manajemen Pemasaran

Menurut Assauri, manajemen pemasaran adalah proses sistematis untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan strategi pemasaran. Fokusnya adalah memastikan produk yang ditawarkan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, sekaligus menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara perusahaan dan konsumen.

2. Tujuan Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran dirancang untuk membantu perusahaan mencapai berbagai tujuan, seperti:

  • Meningkatkan Penjualan

Dengan strategi pemasaran yang tepat, perusahaan dapat menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk atau jasanya.

  • Membangun Loyalitas Pelanggan

Melalui pemahaman kebutuhan konsumen dan penyediaan produk yang berkualitas, perusahaan dapat menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

  • Menguasai Pangsa Pasar

Dengan memahami segmen pasar yang tepat, perusahaan dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan kehadiran mereka di pasar.

  • Mencapai Keuntungan Maksimal

Manajemen pemasaran juga bertujuan untuk mengoptimalkan laba dengan strategi yang efisien.

3. Konsep Utama dalam Manajemen Pemasaran

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah langkah awal dalam pemasaran yang melibatkan pengelompokan konsumen berdasarkan karakteristik tertentu, seperti usia, lokasi geografis, tingkat pendapatan, atau preferensi. Dengan segmentasi yang tepat, perusahaan dapat merancang strategi yang lebih terfokus dan efektif untuk setiap segmen.

Strategi Pemasaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun