Rancagan Aksi Nyata
Rencana aksi nyat aterkait asesmen membaca dan menulis memuat lima komponen yaitu:
1. Kegiatan yang dipilih.
Membaca Cerpen dan Menulis Ulasan: Peserta didik akan membaca sebuah cerpen dan menulis ulasan tentang cerita, karakter, tema, dan pesan yang disampaikan.
2. Strategi yang digunakanÂ
- Membaca Terarah dengan Strategi KWL: Peserta didik diarahkan untuk mengisi tabel KWL (Know, Want to know, Learned) sebelum dan setelah membaca cerita, untuk membantu peserta didik mengorganisasi informasi.
- Menulis Bebas dengan Panduan: peserta didik diminta menulis ulasan dengan panduan pertanyaan, seperti mengenali tokoh utama, konflik yang dihadapi, tema cerita, dan kesan pribadi peserta didik.
3. Alokasi waktu
- Minggu 1: Pembacaan cerpen dan diskusi kelompok (1 sesi, 45 menit)
- Minggu 2: Penulisan ulasan dan presentasi (1 sesi, 45 menit)
4. Langkah-langkah kegiatan
Minggu 1 - Membaca Cerpen dan Diskusi Kelompok:
- Guru memperkenalkan cerpen yang akan dibaca
- Peserta didik membaca cerpen secara individu sambil mengisi tabel KWL.
- Setelah membaca, peserta diik berdiskusi dalam kelompok kecil untuk membahsa tokoh, konflik, dan tema cerita.
Minggu 2 - Menulis Ulasan dan Pesentasi:
- Peserta didik menulis ulasan singkat secara indivisu berdasarkan hasil diskusi kelompok.
- Beberapa peserta didik untuk mempresentasikan ulasan mereka di depan kelas.
- Guru dan teman-teman memberikan umpan balik terhadap ulasan yang dipresentasikan.
5. Asesmen yang digunakan
- Asesmen Formatif: Dilakukan selama pembacaan cerpen dan diskusi kelompok dengan memberikan umpan balik atas tabel KWL dan diskusi.
- Asesmen Sumatif: Dilakukan melalui penilaian ulasan tertulis yang dikumpulkan, menggunakan rubrik sederhana yang menilai pemahaman cerita, analisis karakter, dan kesan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H