Mohon tunggu...
Rafika Meldy
Rafika Meldy Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Bahasa dan Sastra Arab UIN RMS Surakarta

Saat raga dibekukan, maka tulisan yang mampu terus dialirkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelatihan TIK di Sekolah Pedalaman Papua

12 November 2022   22:26 Diperbarui: 12 November 2022   22:41 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rafika memaparkan materi. Dokpri

Senin, 01 Agustus 2022, Sudah tigabelas hari saya lalui KKN di Kampung Maribu. Diiringi dengan langit biru dan sinar matahari yang sangat cerah, kami berempat belas berjalan menuju SMAN 2 Sentani. Kami berjalan sekitar lima belas menit dari posko KKN kami. Pagi ini saya didapuk untuk menjadi pemateri pelatihan Teknologi, Informasi dan Komunikasi di sekolah tersebut.

Seusai pelaksanaan upacara bendera hari Senin, siswa yang sebelumnya sudah terdaftar sebagai peserta pelatihan diarahlan untuk memasuki ruang TIK. Kegiatan ini diikuti oleh 24 siswa yang merupakan perwakilan 8 kelas dari 3 angkatan di SMA N 2 Sentani. Salah satu alasan kegiatan ini diadakan  sebagai bekal siswa untuk menuju jenjang perkuliahan dan meningkatkan melek komputer untuk siswa SMA N 2 komputer.

Saya yang merupakan mahasiswa yang akan masuk di semester tujuh, Alkhamdulillah sudah mempunyai sertifikat  kelulusan aplikasi perkantoran yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta untuk syarat kelulusan. Dari bekal tersebut, saya harap materi yang saya sampaikan ke siswa sudah mumpuni.

Menjadi pemateri utama di pelatihan ini merupakan kehormatan yang luar biasa bagi saya. Berada di dalam ruangan yang sama selama dua jam, berdiskusi dan belajar bersama siswa-siswa SMAN 2 Sentani menjadi pengalaman yang sangat mengesankan.

Siswa sangat antusias dalam mengikuti hal tersebut, terlihat dari rasa penasaran mereka pada icon-icon yang ada di komputer. Bahkan ada 4 siswa yang masih ingin belajar walaupun kegiatan sudah selesai. Salah satunya Juni, siswa kelas sepuluh itu mengaku ada laptop kakaknya di rumah, namun dia belum pernah mengoperasikannya. 

"Saya sangat senang dengan adanya pelatihan ini, karena bisa menjadi bekal Ilmu saya di masa perkuliahan" ujar siswa yang berencana berkuliah di Pulau Jawa itu.

Ibu Barbalina Yarusabra, selaku kepala sekolah SMAN 2 Sentani juga mendukung kegiatan ini "kami menyadari siswa-siswi kami masih minim pengetahuan tentang komputer, padahal hal itu sangat dibutuhkan di era digitalilasasi ini. Saya berharap juga mahasiswa KKN Kolaborasi Nusantara ini bisa membagikan ilmunya dan menjadi pematik kesemangatan siswa dalam mencari ilmu".

Materi yang saya sampaikan di pelatihan ini yaitu pengenalan nama-nama perangkat komputer, pengenalan microsoft office dan praktek mengoperasikan microsoft office word. Saat siswa praktek mengoperasikan computer saya dibantu oleh dua teman saya yang dari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon dan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate. Rf

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun