Mohon tunggu...
Rafi Fauzan Al Baqi
Rafi Fauzan Al Baqi Mohon Tunggu... -

Alumni SDN Tunas Harapan, Bandung Alumni Ponpes Al Basyariyah, Bandung Mahasiswa S1 Jurusan Bimbingan & Konseling Islam, Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi, IAIN Sunan Ampel, Surabaya Al Faqir ila Rahmatillah, Rafza

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Dialog antara Pak Konselor dan Si Nyamuk

29 September 2013   07:43 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:14 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

{Di Kantor}

‘Suatu hari’ terdapat seekor nyamuk sedang berusaha mengganggu Pak konselor yang sedang bekerja di kantornya. (tuh kan belum apa-apa Si Nyamuk udah membuat ulah, masa beroperasi siang-siang, padahal biasanya kan malam :D .. biar gak pa pa... di cerita ini nyamuk berperan menjadi konseli/client.) :D

Sehingga lama-kelamaan Pak Konselor merasa terganggu oleh kelakuan tak lazim dari si nyamuk itu. Lantas Pak Konselor dengan senyumannya (yang konon memperindah kehidupan seluruh alam dunia ini :D ) dengan menahan rasa kesalnya menyapa si Nyamuk. “Ehh... Nyamuk lagi ngapain kamu di bawah meja, dekat-dekat kaki saya lagi, emang gak bau yaa kaos kaki saya ?! B) ”

Dengan agak sedikit kaget terlihat dari mimik wajahnya si Nyamuk menjawab, “Ehhh... Bapak, enggak pak ini saya lagi jalan-jalan aja” (cerita tambah gak jelas aja, kebayang gak nyamuk jalan-jalan, yang ada juga mereka terbang :D huuhh... capek deh... upppzz... atau mugkin ini efek dari kagetnya sehingga dia tidak terkontrol)

Kemudian Si Nyamuk hendak keluar dari ruangan tersebut tentunya masih dengan rasa malu dan kaget. “Uhhh... selamat deh gue, untung itu orang gak asal main jeplak aja .. :/ “

Spontan Pak Konselor memanggilnya sebelum dia keluar, “ehh.. eh.. Nyamuk.. bentar lagi temani saya makan siang di kantin yaa, habis shalat Zhuhur pastinya !!! “

Tambah keget lagi Si Nyamuk kali ini merasa keheranan tapi agak senang juga di ajak makan siang. “Ohh... Iya pak... nanti kita ketemu dulu di depan aula sebelum kantin !” (Kalo di kampusku Aula = auditorium dan anggap aja kantor Pak Konselor di gedung SAC... :D Btw, hari gini nyamuk udah canggih yaa... bisa makan bareng manusia :D )

Tak lama kemudian (konselor harus always On Time), Pak Konselor terlihat keluar dari kantornya dan Si Nyamuk sudah menunggu ‘Di bawah Pohon Rindang’ (DPR). “heeyyy... Nyamuk.. udah lama nunggu ?!” Tanya Pak Konselor. “Ah.. enggak juga kok pak.” Sahut si nyamuk. “Ohh... bagus deh kalo begitu, yuk langsung ke kantin !!”

{Di Kantin}

“Nih... kita duduk di sini !”, ajak pak Konselor. “Mau pesan apa ?! Ayo jangan segan-segan nanti biar saya yang bayar ! B) ” (wajar Pak Konselor lagi baik, cz baru gajian alias turun Living Cost :D )

“Saya makannya sama kaya bapak aja, minumnya ‘Es Darah’ ”, jawab Si Nyamuk. (Upzzz... maaf agak sadis/jijik, gk bisa disensor, lagian ini nyamuk udah kaya vampir aja :D )

{Beberapa saat kemudian, setelah mereka selesai menghabiskan makanannya, mereka lanjut berdialog sambil mengabiskan minumannya. Alias proses konseling, saatnya Pak konselor yang unjuk gigi B) }

“Ehh... Nyamuk, sebenarnya saya kagum deh sama kamu, cz nama kamu tercantum di al Qur’an surat al Baqarah ayat 26”, kata Pak Konselor.

“Emmhhh.. soal itu tentunya bagian dari kebesaraan Allah Pak.”, jawab si Nyamuk. (ciyyee... Si Nyamuk bijak gtu lohh :D )

“Subhanallah.. tapi sejujurnya juga saya agak heran* waktu tadi kamu lagi jalan-jalan* di bawah meja saya !“ (* heran = kesal, jalan-jalan = mengganggu. Tampaknya Pak Konselor sangat menjaga tutur katanya. B) uhuk... uhuk.. )

Bleeggg.... Si Nyamuk jadi malu, dan kehabisan kata-kata, mana mungkin dia bisa mengelak lagi, dan akhirnya di mengatakan yang sejujurnya, “Ohh... maaf beribu pak, barangkali bapak tadi kesal sama saya, sebenarnya tadi tu saya sedang beoperasi, cz saya lapar banget tadi malam saya tidak ikut beroperasi dengan yang lainnya karena kurang enak badan” (uhhh... capek dehh... laganya udah kaya manusia aja :/ , tapi tak apa lah, setidaknya dia sudah mengakui kesalahannya dan meminta maaf J )

“Ohh... kalo soal aktivitasmu beroperasi itu sih saya maklumi, emang itu dari sananya kan ?!, tapi kalaupun demikian, saya juga berprasangka baik atas rutinitasmu itu, saya ‘mengira’ (ingat Cuma baru perkiraan) bahwa antara kamu dan manusia sedang menjalin simbiosis mutualisme, di mana manusia punya darah kotor dan statis di badannya sedangkan kamu menghisapnya hingga merasa kenyang. Yahhh... kurang lebih macam praktek terapi bekam lagi, Cuma ini lebih alamiah lagi .”

“Emm... trimaksih pak, bapak udah mau memakluminya” :I :), respon Si Nyamuk atas penjelasan Pak Konselor.

“Emmm... boleh bapak kasih saran buat kamu ? :) ” tanya Pak Konselor.

“Boleh pak, dengan senang hati, silakan ! :) ” jawab Si Nyamuk.

“Saya sering mendengar keluhan orang-orang tentang aktivitasmu itu, mereka sering merasa terganggu sama bunyi sayapmu, gigitanmu yang agak sakit dan panas, sehingga mereka terganggu dari tidurnya, bahkan tak jarang terserang penyakit akibat gigitan kamu. Nahh... saran saya, saya tidak akan menghujat aktivitasmu itu, cuma ada baiknya kalau kamu lebih baik lagi saat beroperasi, yaaa.... mungkin kamu bisa latihan supaya kepakan sayapmu itu tidak bersuara, gigitanmu itu menjadi terasa lembut dan tidak panas, trus virusmu itu tidak ditularkan kepada manusia... Bayangkan kalo itu semua bisa kamu lakukan, setiap malam kamu bisa beroperasi sepuasnya, tanpa ancaman dibunuh, tidak lagi ada pembasmian dengan penyemprotan, dan manusia juga bisa diuntungkan karena darah kotornya dihisap habis olehmu, sehingga mengurangi resiko sakit mereka.”

Dengan antusias Si Nyamuk mendengarkan saran dari Pak Konselor, lalu dia menjawab, “eemm... baik pak akan saya coba lakukan itu, dan saya juga akan beritahukan ini pada semua teman-teman saya. Terima kasih banyak atas sarannya pak”

“yap... sama-sama... EEEHHH... udah yuk kita selesai, gak kerasa udah duduk lama di sini. Habis ini kamu pulang yaa... saya tunggu perkembangan kamu. SEMANGAT !!! :D ”

Selanjutnya Pak Konselor kembali ke kantornya dan Si Nyamuk kembali ke sarangnya.

Hahhaahaha... :D

Terlihat bagaimana seorang konselor menunjukkan sikap positifnya. Dan si Nyamuk (konseli/client) bisa menerima anjuran demi perubahan dirinya menuju yang lebih baik.

Cerita ini hanya fiktif belaka, segala sesuatunya tidak tentu benar, sejujurnya ini terinspirasi setelahnya penulis merasa terganggu oleh ulah Nyamuk semalaman. :D hehe..

TAMAT :D B)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun