Mohon tunggu...
Sri Rafika Azizah
Sri Rafika Azizah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Universitas Pamulang Tahun Ajaran 2023 - 2024

saya adalah wanita yang bisa menjalankan profesi sebagai karyawan honor dan kuliah jurusan PGSD ( Pendidikan Guru Sekolah Dasar) di Universitas Pamulang Angkatan Pertama

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Ruang Multimedia dalam Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Pondok Benda 01

25 Oktober 2024   17:20 Diperbarui: 25 Oktober 2024   17:33 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

RUANG MULTIMEDIA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI PONDOK BENDA 01

Ruang multimedia adalah suatu ruangan dimana terdapat berbagai peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran adalah bertambahnya kualitas penyampaian materi pendidikan sehingga siswa lebih mudah dalam menangkapnya.

Standar internasional pembelajaran berbasis ICT dapat dilaksanakan, salah satunya dengan penggunaan ruang multimedia yang tersedia di sekolah. Ruang multimedia yang dimaksudkan adalah ruangan yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang cukup representatif untuk seluruh siswa dalam satu kelas dan sudah disetting dengan LAN (Local Area Network), LCD untuk menayangkan presentasi guru, headphone di tiap komputer untuk mendengarkan suara guru dari komputer induk, mikrophone dan sound sistem yang berfungsi sebagai pengeras suara sehingga dapat terdengar oleh seluruh siswa dalam kelas, sambungan internet, AC (air conditioning).

Dalam proses pembelajaran menggunakan ruang multimedia, bentuk-bentuk informasi yang dapat ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video, musik, film sehingga menarik minat siswa yang model pembelajarannya yang tidak monoton.

Ruangan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), sehingga materi pendidikan lebih mudah dipahami oleh siswa dan menjadikan proses pembelajaran jauh lebih menarik.

Berikut adalah penggunaan ruang multimedia ini memiliki berbagai manfaat, termasuk:

1. Guru dapat menggunakan media tv digital, android tv, laptop, dan lcd untuk mempresentasikan materi pelajaran. Program seperti ms powerpoint, windows movie maker, dan videostudio membantu dalam membuat konten yang menarik.

2. Siswa dapat mengakses materi tambahan melalui internet, memperkaya pemahaman mereka terhadap mata pelajaran.

3. Dengan menampilkan video, gambar, dan musik yang relevan, ruang multimedia dapat menarik minat siswa dan menghindari metode pembelajaran yang monoton.

4. Mengirim dan mengumpulkan tugas melalui komputer server memudahkan guru dalam manajemen kelas dan penilaian siswa.

5. Dilengkapi dengan headphone yang terhubung ke komputer server, ruang multimedia dapat digunakan sebagai laboratorium bahasa, memungkinkan siswa mendengarkan dan berlatih bahasa dengan lebih efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun