RUANG MULTIMEDIA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI PONDOK BENDA 01
Ruang multimedia adalah suatu ruangan dimana terdapat berbagai peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran adalah bertambahnya kualitas penyampaian materi pendidikan sehingga siswa lebih mudah dalam menangkapnya.
Standar internasional pembelajaran berbasis ICT dapat dilaksanakan, salah satunya dengan penggunaan ruang multimedia yang tersedia di sekolah. Ruang multimedia yang dimaksudkan adalah ruangan yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang cukup representatif untuk seluruh siswa dalam satu kelas dan sudah disetting dengan LANÂ (Local Area Network), LCDÂ untuk menayangkan presentasi guru, headphone di tiap komputer untuk mendengarkan suara guru dari komputer induk, mikrophone dan sound sistem yang berfungsi sebagai pengeras suara sehingga dapat terdengar oleh seluruh siswa dalam kelas, sambungan internet, ACÂ (air conditioning).
Dalam proses pembelajaran menggunakan ruang multimedia, bentuk-bentuk informasi yang dapat ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video, musik, film sehingga menarik minat siswa yang model pembelajarannya yang tidak monoton.
Ruangan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), sehingga materi pendidikan lebih mudah dipahami oleh siswa dan menjadikan proses pembelajaran jauh lebih menarik.
Berikut adalah penggunaan ruang multimedia ini memiliki berbagai manfaat, termasuk:
1. Guru dapat menggunakan media tv digital, android tv, laptop, dan lcd untuk mempresentasikan materi pelajaran. Program seperti ms powerpoint, windows movie maker, dan videostudio membantu dalam membuat konten yang menarik.
2. Siswa dapat mengakses materi tambahan melalui internet, memperkaya pemahaman mereka terhadap mata pelajaran.
3. Dengan menampilkan video, gambar, dan musik yang relevan, ruang multimedia dapat menarik minat siswa dan menghindari metode pembelajaran yang monoton.
4. Mengirim dan mengumpulkan tugas melalui komputer server memudahkan guru dalam manajemen kelas dan penilaian siswa.
5. Dilengkapi dengan headphone yang terhubung ke komputer server, ruang multimedia dapat digunakan sebagai laboratorium bahasa, memungkinkan siswa mendengarkan dan berlatih bahasa dengan lebih efektif.