Mohon tunggu...
Rafeyfa Azzahra
Rafeyfa Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Business Education

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Daring dan Tatap Muka: Mengukur Efektivitas dan Implikasinya terhadap Kualitas Pendidikan

15 Januari 2025   17:32 Diperbarui: 15 Januari 2025   17:32 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saya Rafeyfa Azzahra Giorgionna Ayu Pamphilla mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Dalam dunia pendidikan, metode pembelajaran adalah elemen kunci yang menentukan keberhasilan proses belajar-mengajar. Ada dua metode utama yang sering digunakan, yaitu pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka. Keduanya memiliki karakteristik, keunggulan, dan tantangan masing-masing, yang memengaruhi efektivitasnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Pembelajaran daring adalah proses belajar-mengajar yang dilakukan melalui platform digital, seperti Zoom, Google Classroom, atau aplikasi serupa. Siswa dan guru tidak harus berada di tempat yang sama, sehingga memungkinkan fleksibilitas waktu dan tempat. Sementara itu, pembelajaran tatap muka adalah metode tradisional di mana guru dan siswa bertemu secara langsung di kelas fisik, memungkinkan interaksi langsung dalam proses pembelajaran.

Pandemi COVID-19 memaksa banyak negara, termasuk Indonesia, untuk mengalihkan pendidikan dari tatap muka ke daring. Namun, ketika keadaan mulai kembali normal, muncul diskusi mengenai efektivitas kedua metode ini. Apakah pembelajaran daring mampu menggantikan tatap muka? Atau justru keduanya perlu digabungkan?

Keunggulan dan Kelemahan Pembelajaran Daring

Keunggulan:

1.Fleksibilitas waktu dan tempat

Siswa dapat belajar kapan saja dan di mana saja, sesuai dengan kebutuhan mereka. Data dari Kemendikbud (2022) menunjukkan bahwa 68% siswa merasa lebih nyaman belajar dari rumah selama pandemi.

2.Akses luas ke sumber belajar

Pembelajaran daring memungkinkan siswa untuk belajar dari berbagai sumber global, seperti kursus online, video pembelajaran, atau e-book.

3.Efisiensi biaya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun