Mohon tunggu...
Rafel Lina
Rafel Lina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Inovasi Teknologi pada Pelayanan Publik di Era Digital

13 November 2023   15:38 Diperbarui: 13 November 2023   15:44 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi secara umum adalah proses atau tindakan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau mengubah sesuatu yang sudah ada menjadi lebih baik atau lebih efektif. Inovasi dapat terjadi di berbagai bidang, seperti teknologi, bisnis, seni, pendidikan, dan lainnya. Inovasi melibatkan penciptaan dan penerapan ide, metode, atau produk baru untuk mencapai hasil yang lebih baik, atau memberikan suatu nilai tambah. Sedangkan definisi inovasi dari para ahli, adalah sebagai berikut: 1). Menurut Ellitian dan Anatan (2009), secara singkat inovasi diartikan sebagai perubahan yang dilakukan dalam organisasi yang mencakup kreatifitas dalam menciptakan produk baru, jasa, ide, atau proses baik yang sudah ada dalam organisasi maupun berkembang dari luar organisasi. 2). Inovasi menurut Zimmerer dalam Suryana (2014), diartikan sebagai kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan persoalan dan peluang untuk meningkatkan atau memperkaya kehidupan (innovation is the ability to apply creativity solutions to those problems and opportunities to enhance or to enrich peoples live).  Selanjutnya definisi inovasi seacara istilah menurut UU No. 18 tahun 2002, adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah perubahan atau pembaharuan ke arah yang lebih baik untuk mencapai suatu tujuan dengan lebih efektif dan efisien.

Inovasi didalam pelayanan publik juga memiliki tujuan yang sama, yaitu agar pelayanan publik dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien, terutama dalam hal memberikan kemudahan bagi masyarakat sebagai penerima layanan publik tersebut. Inovasi pada pelayanan publik dapat berupa inovasi produk, inovasi konsep, inovasi metode, inovasi proses, inovasi hubungan, inovasi teknologi, inovasi Sumber Daya Manusia (SDM), dan inovasi struktur organisasi. Pada artikel kali ini penulis akan membahas inovasi pelayanan publik pada bidang teknologi.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa zaman terus berkembang, begitupun dengan teknologi yang semakin hari kian berkembang dengan pesat, dibuktikan dengan munculnya berbagai teknologi baru yang ditujukan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Saat ini kehidupan manusia sudah memasuki era digital, dimana teknologi informasi dan komunikasi (TIK), terutama internet dan komputasi menjadi aspek yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya kemajuan teknologi digital juga telah mengubah cara pemerintah memberikan layanan publik. Inovasi teknologi menjadi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi, keterjangkauan, dan kualitas layanan publik di era digital. Beberapa inovasi teknologi pada pelayanan publik di era digital, yang dapat penulis analisis adalah sebagi berikut:

1. Penggunaa aplikasi Mobile: Penggunaan aplikasi mobile telah mengubah cara orang dapat mengakses layanan pemerintah. Aplikasi ini mempercepat proses pengajuan dokumen, pembayaran pajak, dan mendapatkan informasi terbaru.

2. Penggunaan Teknologi Cloud: Teknologi cloud memungkinkan penyimpanan data yang lebih aman dan dapat diakses dari berbagai tempat. Ini meningkatkan keamanan data dan mengoptimalkan pengelolaan data dalam pelayanan publik.

3. Pelayanan Pelanggan Berbasis Kecerdasan Buatan (AI): AI meningkatkan responsivitas dan personalisasi layanan. Asisten virtual dan chatbot meningkatkan produktivitas dan kepuasan pengguna dengan membantu mereka mendapatkan informasi tanpa menunggu lama.

4. Penggunaan Blockchain: Penggunaan teknologi blockchain meningkatkan keamanan transaksi pelayanan publik. Hal ini dapat digunakan untuk mengelola dokumen, pembayaran, dan validasi identitas, sehingga meningkatkan transparansi dan mengurangi kemungkinan kecurangan.

5. Analisis Data Besar untuk Pengambilan Keputusan: Analisis data besar membantu pemerintah menemukan tren, memahami kebutuhan masyarakat, dan membuat pilihan yang lebih cerdas. Data ini dapat digunakan untuk meningkatkan layanan berbasis fakta dan perencanaan strategis.

Inovasi yang telah disebutkan oleh penulis diatas, hanya beberapa dari sekian banyak inovasi  teknologi yang telah berkembang pada pelayanan publik di era digital. Inovasi-inovasi tersebut juga akan terus berkembang dan bertambah sesuai dengan kemajuan zaman. Inovasi-inovasi pada pelayanan publik digunakan oleh pemerintah untuk menyesuaikan pelyanan dengan perkembangan zaman dan teknologi, serta agar proses pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat dapat lebih efektif dan efisien.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun