Psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari proses dan hal-hal yang memengaruhi pembelajaran.
Jenis-Jenis BelajarÂ
Yang termasuk jenis-jenis belajar antara lain :
- Belajar Arti Kata-Kata
- Belajar Kognitif
- Belajar Menghafal
- Belajar Teoretis
- Belajar Konsep
- Belajar Kaidah
- Â Belajar Keterampilan Motorik (Motor Skill)
- Belajar Estetis
Ruang Lingkup Psikologi
Pokok bahasan mengenai belajar: Teori-teori belajar; Prinsip-prinsip belajar; Hakikat belajar; Jenis-jenis belajar; Aktivitas-aktivitas belajar; Teknik belajar efektif; Karakteristik perubahan hasil belajar; Manifestasi perilaku belajar; dan Faktor-faktor yangÂ
 Psikologi belajar memiliki ruang lingkup pada dasarnya dapat dibagi menjadi tiga masalah, yaitu masalah belajar, proses belajar, dan situasi belajar.
- Masalah belajar
- Yang termasuk masalah belajar adalah prinsip-prinsip belajar, hakikat belajar, jenis-jenis belajar, aktivitas-aktivitas belajar, teknik belajar efektif, karakteristik perubahan hasil belajar,manifestasi perilaku belajar.
- Proses Belajar
- Yang termasuk proses belajar adalah tahapan perbuatan belajar ,perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama belajar. pengaruh pengalaman belajar terhadap perilaku individu; pengaruh motivasi terhadap perilaku belajar.
- Â
- Situasi Belajar
- Situasi belajar adalah keadaan yang dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar. Situasi belajar menjadi salah satu hal yang mesti dijaga, diperhatikan dan dikelola dengan baik oleh setiap pendidik saat di kelas. Keterampilan pendidik dalam mengelola kelas, situasi belajar juga turut dipengaruhi oleh eksternal masing-masing peserta didik.
Tujuan Psikologi Belajar
Melalui penelitian dan aplikasi praktis, psikologi belajar bertujuan untuk memperbaiki metode pembelajaran, menciptakan lingkungan yang optimal untuk lingkungan belajar, meningkatkan pemahaman tentang perilaku serta potensi peserta didiknya, membentuk suasana belajar yang kondusif, membantu peserta didik dalam menyelesaikan kesulitannya, dan meningkatkan pemahaman terhadap prinsip pembelajaran.
Teori Belajar
Teori Konstruktivis Teori ini menekankan pada peran aktif individu dalam konstruksi pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan lingkungan dan pengalaman pribadi.