Mohon tunggu...
Rafaela Geralda
Rafaela Geralda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Halo.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Social Media untuk Pengembangan UMKM Lokal Wonotingal

12 Agustus 2022   06:20 Diperbarui: 12 Agustus 2022   06:33 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WONOTINGAL (3/8/22) -  Dijaman yang serba digital, hampir seluruh kegiatan sehari-hari manusia pun dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Pemakaian internet pun menjadi bagian dari keseharian manusia yang bernilai penting. Terutama penggunaan sosial media yang dengan kemajuan teknologi sudah semakin berkembang dan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan masyarakat. 

Bekerja sama dengan Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Tim KKN II Universitas Diponegoro mengadakan rangkaian kegiatan dengan tema “Pengembangan UMKM Wonotingal Hebat” yang diadakan pada tanggal 30 Juni, 2022 di Kantor Kelurahan Wonotingal. Tujuan diadakannya kegiatan ini, karena melihat pelaku usaha UMKM lokal di daerah Kelurahan Wonotingal yang tidak sedikit, dan mengingat situasi pandemi yang mengharuskan semua warga, khususnya para pelaku usaha, yang juga harus beradaptasi dengan kehidupan serba digital. Kegiatan ini menargetkan para pelaku usaha UMKM lokal di Kelurahan Wonotingal, dimana para mahasiswa dari berbagai jurusan membagikan ilmu-ilmu yang telah didapat dari bangku perkuliahan, untuk membantu para pelaku usaha UMKM lokal Wonotingal mengembangkan bisnis mereka.

Salah satu program dari kegiatan tersebut adalah program monodisiplin mengenai “Pemanfaatan Media Sosial untuk Pengembangan UMKM”, yang memperkenalkan Sosial Media Marketing kepada para pelaku usaha, sebagai salah satu strategi promosi untuk UMKM lokal di Kelurahan Wonotingal. Dalam program tersebut, terdapat tips untuk membantu para pelaku usaha lokal untuk membuat konten yang unik dan menarik agar dapat menggaet perhatian para audiens. Dalam pemaparannya, terdapat metode TISU, yang diharapkan dapat diingat oleh para pelaku usaha dalam membuat konten.

TISU merupakan singkatan dari Trend, Interaktif, Singkat & Informatif, dan Unik. Elemen-elemen tersebut dalam sebuah konten, diharapkan para pelaku usaha dapat menyajikan konten-konten yang menarik pada laman media sosial mereka. 

Presentasi Anggota TIM KKN Mengenai Pemanfaatan Sosial Media untuk Pengembagnan UMKM
Presentasi Anggota TIM KKN Mengenai Pemanfaatan Sosial Media untuk Pengembagnan UMKM

Kegiatan yang diikuti para pelaku usaha UMKM lokal Wonotingal ini pun dihadiri dan ditanggapi dengan antusias oleh para warga. Anggota Tim KKN II Universitas Diponegoro juga membantu pengurus UMKM dari PKK Kelurahan Wonotingal, untuk membuat akun media sosial sebagai laman untuk mempromosikan produk-produk dari UMKM lokal di Kelurahan Wonotingal. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan "Pengembangan UMKM Wonotingal Hebat" ini dapat membantu mensejahterakan para pelaku usaha yang ada di Kelurahan Wonotingal.

Foto Bersama Anggota TIM II KKN UNDIP dengan Para Peserta Kegiatan
Foto Bersama Anggota TIM II KKN UNDIP dengan Para Peserta Kegiatan "Pengembangan UMKM Wonotingal Hebat"

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun