Mohon tunggu...
Radjaerizal Mufty
Radjaerizal Mufty Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

olahraga

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Injeksi Lebih Efisien

25 Januari 2023   14:40 Diperbarui: 25 Januari 2023   14:47 302
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kini telah ada sistem bahan bakar yang lebih maju dan efisien yaitu Injeksi bahan bakar. Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan pada mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar. Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen.

Tipe injeksi ada tiga yaitu Injeksi Titik Tunggal ( Single Point Fuel Injection ), Injeksi Kontinu ( Continuous Fuel injection )I, dan injeksi Gerbang Pusat ( Central Port Fuel Injection ).

Injeksi Titik Tunggal yaitu hanya menggunakan satu Fuel Injector untuk beberapa Cylinder. Injektornya dipasang sebelum saluran isap yaitu di atas katup throttle. Prinsip kerjanya satu injektor memasok bensin untuk keperluan beberapa silinder sekaligus.

Sistem Injeksi Kontinu yaitu bahan bakar mengalir setiap saat melalui injektor, tetapi pada saat tingkat aliran yang variabel . Hal ini berbeda dengan kebanyakan sistem injeksi bahan bakar yang lainnya, yang menyediakan bahan bakar pada getaran yang singkat dengan durasi yang beragam, dengan tingkat yang konstan aliran udara setiap getaran. Sistem injeksi Kontinu bisa Multi-Point Injection atau single-point Injection, tetapi tidak langsung.

Gerbang Pusat ( Central Port Injection ), Sistem ini menggunakan pipa-pipa dengan klep kecil dari injektor pusat untuk menyemprotkan bahan bakar di setiap gerbang intake ketimbang ke pusat throttle-body. Tekanan bahan bakar ini mirip dengan sistem injeksi titik tunggal .

Kelebihan dari sistem Injeksi yaitu emisi gas buang rendah, lebih praktis perawatanya, daya lebih besar, tidak memerlukan choke, dan konsumsi bahan bakar lebih hemat. Dibandingkan dengan karburator yang lebih rumit perawatanya, harus menyetel stasionernya , dan memerlukan choke saat mesin susah hidup.

Injeksi dan karburator memiliki banyak perbedaan mulai dari fitur. Menurut saya penggunaan injeksi ini lebih efektif karena tidak memerlukan choke, konsumsi bahan bakarnya yang irit di tambah lebih praktis perawatanya. Sedangkan karburator dalam perawatanya lebih rumit harus melepas komponennya dan dibersihkan satu satu serta harus menyetel stasionernya.

Dari hasil perbandingan di atas saya menyarankan kepada kalian untuk memilih mobil atau motor yang sudah memakai injeksi. Karena injeksi memiliki fungsi dan fitur yang lebih banyak di banding karburator. Injeksi juga lebih ramah lingkungan dan irit. Dengan memakai injeksi kalian tidak usah khawatir mesin susah hidup saat mesin dingin.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun