Mohon tunggu...
Raditya SeoA
Raditya SeoA Mohon Tunggu... Freelancer - mahasiswa

belajar dari pengalamam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pencuri yang Unik -Tumbuhan Parasit

31 Juli 2023   04:46 Diperbarui: 31 Juli 2023   06:44 1626
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sepulang dari kampus menuju ke kos, saya memilih jalan yang tidak biasanya saya lewati dengan melewati jalan cukup sempit, "mungkin hanya bisa satu motor lewat jalan ini", ujar saya sambil berjalan pulang dan melewati pohon mangga yang cukup besar yang batang banyak ditumbuhi oleh tumbuhan benalu seperti gambar yang saya sajikan di atas. Seperti Kita ketahui bahwa di sekolah, kita dijelaskan oleh guru dan  membaca buku-buku yang menjelaskan tentang hubungan antar makhluk hidup  dan  lingkungannya yang  disebut dengan simbiosis,  salah satu ragam hubungan simbiosis  adalah parasitisme, contohnya seperti  tumbuhan benalu yang saya temukan di pohon mangga.

Tumbuhan Parasit

Beberapa sumber yang saya temukan secara umum, tumbuhan parasit seperti benalu adalah organisme tumbuhan yang menetap di tumbuhan inang melalui mekanisme organ yang unik digunakan dalam menembus batang tumbuhan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, air dan mineral yang merugikan bagi tumbuhan inang. Tumbuhan inang merupakan faktor penting dalam siklus tumbuh tanaman  parasit, umumnya tumbuhan parasit akan melemahkan tumbuhan inang  yang akan mengakibatkan  hasil daun dan bunga yang tumbuh lebih kecil atau sedikit , biji yang kurang sehat, dan  nilai kayu yang buruk, dan kebanyakan tumbuhan parasit  dapat membunuh tumbuhan inang dan dalam serangan yang cukup besar menyebabkan kerusakan ekonomi yang cukup signifikan pada perkebunan dan pertanian.  Saya menemukan dari beberapa buku dan artikel  bahwa organ yang unik itu disebut dengan haustoria atau haustorium

Haustoria

Selanjutanya  mulai timbul pertanyan  dibenak saya apa itu haustoria? jadi yang saya temukaan  haustoria merupakan merupakan struktur organ yang digunakan oleh tumbuhan parasit menyerap segala kebutuhan dari tumbuhan inangnya, pengertian khusus dari houstoria yang saya temukan adalah bentuk jembatan fungsional  yang digunakan tumbuhan parasit untuk melakukan penetrasi kedalam jaringan tanaman inangnya sehingga mempermudah tumbuhan parasit menyerap berbagai nutrisi yang dibutuhkan. 

Sumber: Wikimedia Commons
Sumber: Wikimedia Commons

Seperti digambar haustoria terlihat seperti pembekakan yang tumbuh dalam batang inang  dan mengatur koneksi sehingga tumbuhan parasit dapat dengan mudah menyerap nutrisi. Faktanya unik yang saya temukan juga, dalam penelitian yang dikemukakan  dari  penn state dan virginia tech bahwa tanaman parasit mencuri beberapa gen dari tanaman inang nya untuk menyesuaikan kondisi sehingga tanaman inangnya tidak menyadari bahwa organ yang menempel pada tubuhnya merupakan organ asing. ini menyebabkan tanaman inang tidak melakukan mekanisme pertanahan diri.  

Muncul pertanyaan saya bagaimana tumbuhan parasit mengetahui keberadan tumbuhan inangnya? dari beberapa sumber yang saya temukan untuk menjawab rasa penasaran saya ini, tumbuhan parasit dapat menemukan inangnya dengan cara  menemukan atau mendeteksi metabolit yang dilepaskan oleh tumbuhan inang lewat udara, saya pikir seperti  tumbuhan parasit ini memiliki indra penciuman ya, seperti contohnya tumbuhan parasit tali putri (Cuscuta), sumber tersebut juga menjelaskan bahwa sebenarnya tumbuhan tali putri memiliki akar yang langsung ke tanah namun, setelah organ haustoria tali putri menusuk inangnya, lama-kelaman akarnya akan membusuk dan tali putri akan terus bergantung pada tanaman inangnya. 

Manfaat

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun