Hai teman-teman semua , mungkin kita tidak asing dengan  nama musisi legendaris yang satu ini sekaligus pelopor karya - karya dan komposisi  musik di era romantic  , yaa dia adalah Ludwig Van Beethoven . Beethoven adalah komposer dan pianis yang berasal dari jerman ,  Beethoven lahir di kota bonn 16/17 Desember 1770 .Â
Beethoven mempunyai banyak sekali komposisi musik yang terkenal dan mungkin tidak asing ditelinga kita , yaitu Simfoni kelima dan kesembilan , dan juga karya dan komposisi untuk piano yaitu Fur Elise . Ia dikenal sebagai salah satu komponis yang terbesar bahkan ia adalah tokoh penting untuk perkembangan dan peralihan antara zaman klasik ke zaman romantic .
Kali ini kita tidak akan membicarakan karya2 beethoven yang terkenal seperti simfoni 5 dan 9 maupun Fur Elise , kita akan sedikit membedah komposisi Beethoven yang berjudul Minuet in  G . Seperti nama judul komposisi ini memiliki tonalitas di G major , dan memiliki Birama 3/4 .Â
Pada awalnya Minuet in G ini adalah komposisi yang ditulis oleh Beethoven untuk sebuah orkestra , tetapi karena komposisi original untuk orkestranya hilang dan hanya aransemen untuk piano yang dapat ditemukan , komposisi inilah yang telah menjadi sangat populer . Bahkan untuk sekarang banyak juga komposisi minuet in G ini yang telah di transcribe untuk instrument lainnya seperti contoh untuk cello instrument yang saya mainkan.
Untuk Musical Form nya sendiri Minuet in G ini dalam bentuk terner awal yaitu A-A-B-A , yaitu jenis bentuk lagu yang dibedakan dari jenis bentuk lagu yang lain , seperti bentuk lagu biner dalam format A-B , A-B-A terner , atau rondo A-B-A-C-A , atau bentuk alternatif tetapi dengan "A" adalah pengulangan tema setelah setiap tema baru dalam urutan tema . Dalam hal ini bagian A-B-A tiga bagian itu adalah Moderato - Trio - Moderato.
Bagian Moderato menampilkan melodi, bertanda legato (untuk dimainkan dengan gaya yang halus dan rata tanpa jeda yang mencolok di antara not . Catatan seperempat menempati sebagian besar tangan kiri di bagian A ini, yang terdiri dari dua periode. Frasa empat takaran (a) pertama ada dalam tonik G Mayor; frasa empat birama (b) kedua memodulasi dari tonik ke dominan D Mayor.
Periode ini, tema utama dari karya tersebut, diulangi sekali. Berikutnya adalah periode kedua yang terdiri dari frase empat birama (c) dengan melodi yang berbeda dan memodulasi kembali ke tonik untuk empat birama terakhir, yang dimulai dan diakhiri dengan G Mayor. Frasa ini adalah variasi dari (a) agar tetap dalam tonik, jadi harus diberi tanda (a-1) untuk memperjelas ini dan perubahan kecil lainnya. Masih sangat dikenali sebagai (a) musik tematik.
Bagian trio menampilkan not kedelapan tanpa henti di tangan kanan dan, sekali lagi, not seperempat di tangan kiri. Ini dimulai dengan bagian modulasi delapan langkah yang diulang satu kali dan beralih ke bagian delapan langkah lainnya yang diakhiri dengan tonik, dan juga diulangi sekali.Â
Bagian ini berisi empat irama harmonis yang diikuti dengan pengulangan tema yang bervariasi di bagian trio (yang dimainkan di bagian delapan irama pertama). Bagian tersebut, tanpa merinci sebanyak yang ditunjukkan di atas untuk bagian legato (walaupun ini bisa dilakukan) dengan demikian dalam bentuk lagu biner.
Bagian terakhir, yang juga Moderato, merupakan pengulangan dari bagian pertama, tetapi tanpa pengulangan. Hal itulah yang membuat karya tersebut menjadi bentuk lagu ternary yang baru jadi: A-A-B-A.