Mohon tunggu...
Raditya Alief
Raditya Alief Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota 2019 Universitas Jember

Penulis amatir.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Peran Pemerintah dalam Pengembangan Pariwisata Daerah

29 Oktober 2019   16:45 Diperbarui: 29 Oktober 2019   17:00 5617
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Peran Pemerintah dalam Pengembangan Pariwisata Daerah --- Berdasarkan definisi umum yang biasa kita ketahui, pariwisata merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang secara berpindah tempat dari tempat tinggal menuju suatu tempat baru dengan maksud untuk melakukan eksplorasi diri untuk mengetahui hal-hal baru atau bahkan hanya sekadar menghabiskan waktu luang untuk melepas rasa penat setelah bekerja.

Banyak julukan yang disematkan kepada negara tercinta kita ini, salah satunya yaitu Indonesia terkenal sebagai negara seribu pulau. Hal ini disebabkan karena wilayah Indonesia yang terdiri atas ratusan bahkan ribuan gugusan pulau, ini menegaskan bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. 

Dengan banyaknya jumlah pulau yang ada di Indonesia, tentu saja banyak pula kesempatan untuk mengembangkan daerah-daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sarana pariwisata yang mampu dijadikan sebagai salah satu devisa atau sumber pendapatan suatu daerah.

Jokowi mengatakan, "Pariwisata Indonesia memiliki potensi yang sangat besar sekali. Namun dibandingkan dengan tetangga kita, turis yang datang di Malaysia, 1 tahun bisa sampai 24 juta. Kita (Indonesia) 1 tahun hanya 8 juta. Padahal potensinya pariwisata di Indonesia bisa 10 kali lipat." saat membuka Musrenbangnas 2014 di Jakarta.

Dari kalimat yang telah Jokowi sampaikan, dapat kita simpulkan bahwa, walaupun Indonesia memiliki banyak wilayah atau destinasi yang memiliki potensi untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung. Akan tetapi, masih banyak pula daerah yang memiliki potensi tersebut belum "tersentuh" oleh tangan-tangan pemerintah. Lantas, apa yang menyebabkan hal seperti ini bisa terjadi? 

Berikut merupakan beberapa paparan masalah yang sering terjadi sehingga Pariwisata Indonesia masih belum mampu dioptimalkan, yaitu :

1. Kurangnya Promosi serta Pemasaran yang Efektif dan Efisien

Promosi dan pemasaran terhadap tempat pariwisata merupakan tugas pertama yang harus segera diperbaiki untuk mengoptimalkan sarana pariwisata yang ada di Indonesia. Karena dengan adanya promosi dan pemasaran yang baik mampu mengangkat nilai jual dari suatu wilayah agar dapat menarik para wisatawan untuk datang.

2. Minimnya Kesadaran akan Pentingnya Sektor Pariwisata

Banyak lapisan masyarakat yang belum mampu memberikan kesan yang bagus bagi pariwisata Indonesia di mata dunia, padahal dengan meningkatnya kunjungan wisatawan akan meningkatkan pendapatan bagi negara dan UKM-UKM yang berada disekitar tempat wisata.

3. Buruknya Infrastruktur Sebagai Sarana Penunjang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun