Sudah beberapa kali terjadi, dan beberapa kali juga sudah saya laporkan ke customer service via email dan twitter. Jadi, karena saya rasa percuma dan tak berguna serta buang-buang waktu, akhirnya saya putuskan juga untuk tulis di sini.
Sebelum saya mulai kronologi kejadiannya, saya akan paparkan dulu beberapa informasi.
Saya pengguna Simpati Loop dengan nomor 082225902XXX
Simpati loop adalah salah satu produk dari penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia Telkomsel. Selain menyediakan layanan telepon dan SMS, Simpati Loop juga menyediakan layanan data dalam berbagai paket. Untuk informasi awal, PAKET DATA YANG SAYA GUNAKAN ADALAH 'Nu On Loop Holic' dengan rincian paket yang didapatkan 'Total kuota 6 GB,
Kuota 5,4 GB di 2G/3G (00:00 - 09:00) + 150 MB di 2G/3G Â dan 450 MB hanya di 3G (00:00 - 24:00)'.
Kuota siang yang saya maksud di sini adalah 150 MB di 2G/3G Â dan 450 MB hanya di 3G (00:00 - 24:00)'
Kuota malam/midnight yang saya maksud adalah Kuota 5,4 GB di 2G/3G (00:00 - 09:00)
Oke mari kita mulai kronologi nya :
[size="5"]8/3/2014[/size]
Sekitar pukul 06:00-08:00 WIB saya streaming radio via aplikasi Tunein Radio di Smartphone saya. Seharusnya pada jam ini yang terpakai adalah kuota malam. Karena di website simpati jelas tertulis bahwa "Prioritas Internet yang akan diserap lebih dahulu adalah kuota yang berlaku jam 00:00-09:00 dan 00.00-12.00 untuk wilayah Sumatera".
[SPOILER=Jelas tertulis][IMG]http://i57.tinypic.com/18hw5e.png[/IMG][/SPOILER]
Setelah itu langsung saya cek *889# untuk cek kuota, dan benar yang berkurang adalah kuota malam. Dan memang seharusnya kuota malam
Lalu yang mengejutkan adalah ketika saya cek lagi pada pukul 10.00, tiba2 kuota malam berubah (tidak terpotong, malah jadi nambah, jadinya 5517 mb) dan yang terpotong adalah kuota siang.
[SPOILER=Loh kok berubah][IMG]http://i59.tinypic.com/20qnre8.png[/IMG][/SPOILER]
Lalu saya putuskan untuk matikan mobile data. Tadinya saya tidak mau melapor via twitter, tapi kok kesel juga lama-lama, akhirnya hari ini 9/3/2014 sekitar pukul 07:00 WIB, saya kultwit kan saja di twitter, dan seperti yang saya duga, sampai detik ini saya menulis belum ada balasan dari pihak terkait.
[SPOILER=Kultwit ][IMG]http://i62.tinypic.com/2ce3j9h.png[/IMG][/SPOILER]
[size="5"]9/3/2014[/size]
Sekitar pukul 08:00 WIB, setelah kultwit di twitter, saya kembali lagi streaming radio, kali ini di MixRadio, aplikasinya Nokia Lumia. Tapi kali ini semua saya dokumentasikan. Mulai dari sebelum pemakaian, sesudah pemakaian namun masih sebelum jam 09:00 WIB, dan sesudah jam 09:00 WIB. Dan lagi lagi lagi lagi lagi. Terjadi lagi hal serupa.
[SPOILER=Sebelum streaming][IMG]http://i59.tinypic.com/20qnre8.png[/IMG][/SPOILER]
[SPOILER=Setelah streaming tapi sebelum jam 09:00][IMG]http://i60.tinypic.com/2upwxp0.jpg[/IMG][/SPOILER]
[SPOILER=Tet tereeeet BERUBAAAAAH (Pengecekan jam 10)][IMG]http://i60.tinypic.com/25gujk3.jpg[/IMG][/SPOILER]
Sekian tulisan yang saya buat ini. Tidak bermaksud untuk menjelekkan pihak manapun. Yang pasti dalam waktu dekat saya PASTI dan PASTI ganti provider. Ya gimana lagi, saya lapor pun tidak ditanggapi juga. Ditanggapi juga tak ada hasil. Sekian. Terima Kasih
Update :
Peristiwa sama yang terjadi pada 29/11/2013, saya laporkan via email ke CS telkomsel. Disuruh menunggu 3x24 jam. Namun yang dikembalikan malah kuota malam. Lha yang kepotong kan kuota siang. Ini percakapan emailnya :
[SPOILER=Satu][IMG]http://i62.tinypic.com/aw7cl.png[/IMG][/SPOILER]
[SPOILER=Dua][IMG]http://i57.tinypic.com/mmqtxh.png[/IMG][/SPOILER]
[SPOILER=Tiga][IMG]http://i61.tinypic.com/e9ue6g.png[/IMG][/SPOILER]
[SPOILER=Empat][IMG]http://i58.tinypic.com/nm0zft.png[/IMG][/SPOILER]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H