Mohon tunggu...
Raditha Maryam
Raditha Maryam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Undergraduate Student at University of Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Fungsi dan Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas

29 Juni 2023   14:52 Diperbarui: 29 Juni 2023   15:19 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Memilih karyawan yang tepat adalah suatu keharusan untuk setiap perusahaan. Hal ini dikarenakan kinerja karyawan di suatu perusahaan akan sangat menentukan bagaimana kinerja bisnis itu berjalan. Setiap perusahaan tentunya berekspektasi untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas. Oleh karena itu, proses rekrutmen harus dilakukan dengan sangat cermat dan tepat agar perusahaan bisa memperoleh karyawan yang kompeten. Dalam memilih kandidat karyawan, ada beberapa tahapan dan tips yang bisa Anda ikuti. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Fungsi Rekrutmen bagi Perusahaan

Setiap karyawan tentu harus dipilih secara cermat agar menghasilkan kandidat yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan. Pemilihan karyawan ini sangat penting karena mempengaruhi kelancaran bisnis. Selain itu, masih banyak lagi fungsi-fungsi penting dari rekrutmen bagi perusahaan. Dengan memahami fungsi rekrutmen berikut, perusahaan dapat meningkatkan proses rekrutmen mereka untuk memilih kandidat yang berkualitas guna memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

1. Mengisi Kekosongan Posisi

Seperti yang mungkin Anda ketahui, perusahaan akan merekrut karyawan baru guna mengisi kekosongan posisi dalam perusahaan. Posisi tersebut tentunya punya peranan penting sehingga perusahaan perlu untuk melakukan rekrutmen. Dengan memilih kandidat karyawan yang berkualitas dan berpengalaman, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.

2. Menjaga Ketersediaan Karyawan

Proses perekrutan yang tepat dapat membantu perusahaan dalam menjaga ketersediaan karyawan yang memadai. Sebab, dengan memiliki karyawan yang cukup, perusahaan dapat menghindari kelebihan beban kerja pada karyawan yang sudah ada. Dengan demikian, produktivitas dan kesejahteraan karyawan pun dapat meningkat.

3. Meningkatkan Kualitas Karyawan

Rekrutmen yang tepat dapat membantu perusahaan menemukan karyawan yang berkualitas dengan pengalaman yang mumpuni. Dengan memiliki karyawan yang berkualitas, perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan yang diberikan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

4. Meningkatkan Diversitas

Rekrutmen yang efektif juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan diversitas dalam hal ras, etnis, gender, dan latar belakang pendidikan. Dengan adanya keberagaman dalam sumber daya manusianya, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan mendorong inovasi sesuai kebutuhan perusahaan.

5. Meningkatkan Citra Perusahaan

Lowongan kerja merupakan hal yang banyak dicari oleh masyarakat guna memenuhi kebutuhan hidup mereka. Oleh karena itu, tak dapat dipungkiri bahwa beberapa perusahaan melakukan rekrutmen guna meningkatkan citra perusahaan sebagai tempat kerja yang baik dan menarik bagi karyawan. Sebab, dengan kepemilikan reputasi yang baik, perusahaan dapat mencari kandidat karyawan berkualitas dan mempertahankan karyawan yang sudah ada.

Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas

Karyawan yang kompeten tentu dihasilkan melalui proses perekrutan yang efektif dan berkualitas. Dalam proses rekrutmen, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas proses rekrutmen di perusahaan Anda. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Susun Perencanaan Kebutuhan

Pada tahap ini, Anda perlu melakukan analisis terhadap jumlah karyawan yang diperlukan serta kualifikasinya. Hasil analisis ini berguna sebagai tolak ukur untuk proses rekrutmen agar lebih efektif. Untuk menentukan jumlah karyawan yang dibutuhkan, Anda bisa melakukan peramalan kebutuhan SDM (forecasting) terlebih dahulu.

2. Buat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Jelas

Iklan lowongan pekerjaan merupakan sumber informasi utama bagi para pencari kerja. Oleh karena itu, Anda perlu membuat iklan lowongan kerja dengan informasi yang lengkap dan jelas. Anda bisa memilih bentuk apapun dalam pembuatan iklan, baik itu poster maupun tulisan. Yang terpenting, pastikan Anda menuliskan deskripsi kualifikasi dan tanggung jawab serinci mungkin. Usahakan agar deskripsi pekerjaan ini sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan dalam bisnismu agar bisa mendapatkan kandidat terbaik.

3. Gunakan Media yang Potensial

Saat ini, tersedia banyak media yang bisa digunakan untuk membagikan iklan lowongan kerja, seperti media sosial, group messenger, atau website tempat mencari kerja. Anda juga bisa meminta teman atau rekan bisnis untuk membantu menyebarluaskan informasi lowongan kerja. Apapun medianya, pilihlah platform yang potensial dan banyak digunakan masyarakat agar mudah menemukan kandidat yang sesuai.

4. Lakukan Screening untuk Mencari Kandidat Terbaik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun