SMA Al-Hikmah IIBS Batu adalah lembaga pendidikan berbasis asrama yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan, nilai-nilai Islam, dan pengembangan keterampilan hidup. Berdiri sejak tahun 2018 di Kota Batu, Jawa Timur, sekolah ini telah mendapatkan pengakuan luas sebagai salah satu institusi pendidikan unggulan, baik dari sisi akademik maupun pembentukan karakter.Â
Sejarah Berdiri
SMA Al-Hikmah International Islamic Boarding School (IIBS) Batu merupakan bagian dari Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Al-Hikmah yang telah berdiri sejak tahun 1989. Sebagai pelopor sistem fullday school di Indonesia, YLPI Al-Hikmah terus mengembangkan inovasi pendidikan. Pada tahun 2018, SMA Al-Hikmah IIBS Batu didirikan untuk memberikan pendidikan berbasis asrama yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dan ilmu pengetahuan.
Sekolah ini dirancang untuk mendidik generasi muda agar memiliki keseimbangan antara kecerdasan intelektual, spiritual, dan sosial. Pada tahun 2019, SMA ini membuka kelas putri, dengan area sekolah yang dipisahkan dari area putra untuk menjaga kenyamanan dan privasi.
Visi
Meluluskan peserta didik yang shalih, berprestasi optimal, dan siap mengemban tanggung jawab kehidupan dengan berkarakter Islami.
Misi
- Mengoptimalkan potensi siswa untuk berprestasi secara akademik dan non-akademik.
- Menanamkan kesadaran siswa akan tujuan penciptaan dan makna hidup berdasarkan ajaran Islam.
- Membangun kepedulian siswa terhadap lingkungan sosial dan alam.
- Meningkatkan karakter berkebhinekaan global.
- Memberikan pengalaman belajar yang berpusat pada siswa untuk mendukung perkembangan pribadi mereka.
Keunggulan Pendidikan di SMA Al-Hikmah IIBS Batu
Kurikulum Terintegrasi
Sekolah ini memadukan kurikulum nasional dengan nilai-nilai Islam, termasuk pembelajaran Al-Qur'an, tahfidz, dan Sunnah. Program STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) serta proyek riset juga diterapkan untuk membangun kemampuan berpikir kritis siswa.
Pendekatan Self-Directed Learning
SMA Al-Hikmah IIBS Batu menggunakan pendekatan pembelajaran mandiri yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengatur jadwal belajar, merancang target pencapaian, dan mengevaluasi hasil belajar mereka.