Pada tahun 1990, perusahaan-perusahaan di negara berkembang memperluas aktivitasnya dan menjadi multinasional. Hal ini mengakibatkan, adanya transaksi antara bisnis dan pemerintah meningkat, tidak lain juga menyebabkan banyak masalah praktis. Budaya dan keadaan dari perusahaan adalah salah satu faktor yang lebih menonjol dari yang lain. Masalah etika lainnya dalam bisnis internasional biasanya terkait dengan undang-undang pemerintah; meskipun mereka semua termasuk dalam ranah etika bisnis internasional. Bahkan dengan perdagangan internasional, masalah etika juga muncul hanya dari transaksi bisnis internasional. Pergerakan fair trade, transfer pricing, bioprospecting, dan biopiracy adalah contoh transaksi yang termasuk dalam lingkup etika bisnis internasional.
Area lain untuk persyaratan etika yang kuat adalah ketika perusahaan multinasional bernegosiasi untuk mengeksploitasi perbedaan internasional; Misalnya, ketika negara kaya mengalihdayakan layanan mereka ke negara miskin dan berkembang dengan harga lebih murah. Sampai saat ini, negara-negara Barat mengalihdayakan banyak layanan ke negara-negara dunia ketiga di mana mereka dapat mempekerjakan tenaga kerja dengan harga termurah. Hal ini menyebabkan persaingan yang ketat antara negara berkembang dan negara maju, masing-masing menawarkan tenaga kerja lebih murah daripada yang lain.
Dumping adalah metode lain yang digunakan perusahaan besar untuk mencoba membunuh harga pasar aslinya. Bisnis asing seringkali menjual barang dan jasa dengan harga lebih rendah, sehingga menyulitkan pebisnis kecil untuk bersaing. Barang tahan lama dan fast-moving consumer goods (FMCG) adalah contoh terbesar dari praktik semacam itu. Ancaman yang lebih besar di sini adalah monopoli yang dihasilkan, yang menempatkan pelanggan pada pihak yang kalah. Komisi Perdagangan Internasional mulai menyelidiki undang-undang anti-dumping pada tahun 2009. Ini semua adalah cara melakukan bisnis internasional yang dapat menyebabkan dilema etika. Dengan tidak adanya etika bisnis internasional, hampir tidak mungkin mengatur bisnis dan menciptakan situasi yang menguntungkan bagi orang-orang di pasar.
Masalah etika bisnis dapat muncul di berbagai bidang bisnis internasional.
- Masalah etika muncul di bidang produksi, misalnya dalam kaitannya dengan bisnis dan lingkungan, baik alam maupun sosial, penggunaan hewan untuk uji obat baru, metode pengangkutan ternak dan penemuan teknologi baru. seperti produk transgenik atau produk dan klon hasil rekayasa genetika.
- Masalah etika muncul, misalnya dalam pemasaran ketika melakukan kampanye (seperti adanya unsur seksual dalam iklan), pemasaran langsung ke sekolah, dan iklan yang menyesatkan menghilangkan informasi produk yang sebenarnya.
- Di bidang keuangan misalnya terkait dengan insider trading, melakukan pembayaran yang tidak wajar kepada CEO perusahaan seperti management fee, dan pembuatan laporan keuangan palsu.
Dalam hal ini perlu pentingnya etika bisnis internasional dari perspektif makro bagi perusahaan multinasional:
- Menghindari konflik dengan karyawan berdasarkan perbedaan budaya.
- Pengurangan penipuan oleh perusahaan asing.
- Hindari mengeksploitasi perusahaan secara berlebihan.
- Perlindungan standar yang disepakati kedua belah pihak
Bagi perusahaan, etika bisnis merupakan hal penting dalam membangun bisnis terutama bisnis dalam perusahaan baik mulitinasional. Tentu tidak mudah untuk membangun dan mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik. Praktik bisnis yang tidak sesuai dengan aturan dan kewajiban yang telah menjadi peraturan nasional atau praktik bisnis yang etis dapat mengarah pada pengembangan perusahaan itu sendiri secara berkelanjutan. Selain pelanggaran etika dalam berbisnis, kegagalan suatu perusahaan dapat mengakibatkan sanksi formal, tidak lain juga dalam kehidupan bisnis juga dapat mengakibatkan hilangnya reputasi atau kepercayaan baik secara internal maupun eksternal.
Pentingnya etika bisnis untuk pembangunan berkelanjutan perusahaan begitu penting. Sebagai pemilik bisnis, harus mempunyai etika dan tanggung jawab dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, para pelaku bisnis dapat mulai mempelajari etika bisnis baik multinasional dan Internasional. Agar terciptanya kesuksesan dikedepannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H