Mohon tunggu...
Rohan malik
Rohan malik Mohon Tunggu... Lainnya - Juara pertama LKBB

Main bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Seorang Sales Dealer Motor dalam Menarik Pelanggan

28 Juni 2024   15:00 Diperbarui: 28 Juni 2024   15:14 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

   Terdapat dealer motor yang bernama "Dealer Nusantara Sakti." Dealer ini menghadapi persaingan ketat dengan dealer lain. Penjualan menurun, dan manajemen mulai khawatir. Dalam situasi ini, seorang sales dealer bernama Ratna memutuskan untuk mengambil langkah-langkah inovatif untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penghasilannya.

Ratna memulai dengan menganalisis pasar. Dia menemukan bahwa sebagian besar penduduk kota adalah pekerja muda yang membutuhkan kendaraan untuk beraktivitas sehari-hari.

 Banyak dari mereka lebih memilih membeli motor secara kredit daripada tunai. Dengan informasi ini, Ratna merancang strategi untuk menarik perhatian mereka.

Ratna bekerja sama dengan manajer keuangan dealer untuk merancang penawaran kredit yang menarik. Mereka menciptakan program kredit dengan bunga rendah dan tenor fleksibel, yang lebih terjangkau bagi pekerja muda. Selain itu, mereka menambahkan bonus berupa helm dan jaket eksklusif untuk setiap pembelian motor baru.

Penawaran ini menjadi daya tarik utama bagi pelanggan potensial.
Ratna memanfaatkan media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang. Dia membuat akun Instagram dan Facebook untuk " Dealer Nusantara Sakti " dan mulai memposting foto-foto motor terbaru, testimoni pelanggan, dan penawaran spesial. Dia juga membuat konten video pendek yang menunjukkan fitur-fitur unggulan dari setiap model motor yang mereka jual. Dengan konten yang menarik, jumlah pengikut akun dealer meningkat pesat.

Dengan peningkatan penjualan, Ratna  juga merasakan peningkatan penghasilannya. Sebagai sales dealer, Ratna mendapatkan komisi dari setiap motor yang terjual. Dengan strategi yang berhasil, penjualan Ratna meningkat tiga kali lipat dibandingkan sebelumnya. Dalam satu bulan, dia berhasil menjual 30 unit motor, sementara sebelumnya hanya menjual sekitar 10 unit.

Dengan komisi rata-rata Rp 1.000.000 per unit motor yang terjual, Ratna menghasilkan Rp 30.000.000 dalam satu bulan, dibandingkan dengan Rp 10.000.000 di bulan-bulan sebelumnya. Selain itu, bonus dari manajemen dealer karena peningkatan penjualan membuat penghasilan totalnya semakin bertambah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun