Saat ini, penggunaan gadget tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang akan merasakan ada yang kurang apabila tidak memakai gadget atau handphone. Di sekolah pun handphone tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran. Hal ini tentu saja memberikan dampak positif dan negatif bagi peserta didik.
Penulis yang seorang guru sangat menyadari hal tersebut. Penulis merasa dampak negatifnya lebih besar dibandingkan dengan dampak positifnya. Peserta didik belum dapat menggunakan handphonenya dengan bijak untuk dapat merasakan dampak positifnya.
Berikut ini dampak positif bagi mereka yang dapat menggunakan handphonenya dengan bijak:
- Dapat menambah pengetahuan, karena dari handphone mereka dapat menemukan informasi apapun mengenai pelajaran mereka lebih dari yang mereka dapatkan dari guru mereka. Mereka bisa menggali informasi yang mereka butuhkan melalui mesin pencari Google. Mereka juga bisa mendapatkan tambahan ilmu dari aplikasi-aplikasi pendidikan yang tersedia. Hal ini tentu saja sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas. Mereka dapat mengerjakan tugas kapan saja dan di mana saja.
- Mempermudah dalam berkomunikasi, semua info yang diberikan guru dengan sangat mudah untuk diketahui oleh peserta didik. Mereka dapat langsung bertanya dengan guru jika ada yang kurang dipahami. Guru pun dapat dengan mudah berkomunikasi langsung dengan wali murid melalui aplikasi komunikasi seperti WhatsApp, telegram, atau Line.
- Meningkatkan kemampuan mengingat, dengan handphone peserta didik dapat merekam atau mengambil gambar materi yang sedang disampaikan oleh guru mereka. Mereka dapat mengulang-ulang kembali materi tersebut dimanapun mereka berada.
Berikut ini dampak negatif dari penggunaan handphone:
- Peserta didik tidak fokus saat belajar, saat pembelajaran berlangsung yang harusnya mereka gunakan handphone untuk mencari informasi lebih, mereka malah membuka games, membuat video tik tok, atau media sosial lainnya. Pada saat guru memberi peringatan mereka akan berhenti, namu itu hanya sebentar. Mereka akan melanjutkan kesenangan mereka kembali saat guru mereka lengah. Hal itu yang penulis sering alami saat melakukan pembelajaran di dalam kelas.
- Prestasi akademik akan merosot, mereka yang sudah kecanduan HP akan sulit untuk membagi waktu antara belajar dan bermain HP. Mereka cenderung malas untuk belajar. Saat pembelajaran di dalam kelas mereka terlihat lesu dan mengantuk. Karena mereka tidur terlalu malam akibat bermain games dari HP.
selain itu, dari HP mereka mengetahui berbagai kegiatan negatif yang dilakukan orang lain. Mereka dapat dengan mudah mengakses video-video porno serta video-video tindakan kekerasan yang dapat menginspirasi mereka. Sangat mengkhawatirkan, saat ini banyak pelajar mampu menyakiti bahkan membunuh temannya hanya karena masalah sepele. Banyak sekali pelajar yang sudah melakukan hubungan seks di luar nikah. Dari mana mereka mengetahui hal tersebut? Dari HP yang mereka gunakan tidak secara bijak dan kontrol orang tua.
Demikianlah dampak positif dan negatif dari penggunaan HP bagi peserta didik. Sebenarnya banyak sekali dampak positif yang bisa kita dapatkan dari penggunaan HP jika menggunakannya secara bijak dan tahu batasan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI