Baubau (04/08/2021) Usaha Mikro Kecil dan Menengah ialah kepanjangan dari UMKM. UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia oleh karena itu sudah selayak nya kita mendukung UMKM dengan cara konsumtif terhadap produk UMKM daripada konsumtif produk impor.Â
Pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir di tahun 2021 tentunya memberikan dampak penurunan konsumen pada UMKM di seluruh Indonesia termasuk UMKM di Kelurahan Bone-Bone.Â
Hal tersebut ditambah dengan kondisi UMKM yang masih melakukan pemasaran produk secara manual sehingga jangkauan konsumennya tidak meluas.Â
Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat sebuah program kegiatan "Pemberdayaan UMKM yang terdampak pandemi covid-19 berbasis digital marketing" sebagai solusi permasalahan dibuat booklet tentang digital marketing.Â
Program kegiatan tersebut digagas oleh Rachmawatinur Pratiwi Ugar dari Program Studi Geologi Fakultas Teknik yang merupakan Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TIM II periode 2021 serta dibimbing oleh ibu Dr. Ana Silviana, SH, M.Hum (Dosen KKN).
Tujuan pelaksanaan program kegiatan KKN supaya UMKM Tenun tersebut dapat menjadi percontohan UMKM lainnya yang berada di Kelurahan Bone-bone untuk memperluas usahanya di pasar online dan membantu Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan (SDGs).
Penulis:Â Rachmawatinur Pratiwi Ugar (21100118100034), Program Studi Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Mahasiswa KKN TIM II 2021.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI