Mohon tunggu...
Rachel SaydinaPutri
Rachel SaydinaPutri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Aktif

selamat datang!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keterkaitan antara Peranan Komunikasi dalam Pelayanan Costumer yang Efektif

20 Juni 2023   00:00 Diperbarui: 20 Juni 2023   00:10 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi adalah hal yang selalu kita lakukan dalam kehidupan sehari hari kita. Tanpa komunikasi kita akan sulit untuk mengerti satu sama lain. Bahkan bisa terjadi sebuah pertikaian, jika komunikasi tidak terjalin dengan baik. Lalu apa keterkaitan antara komunikasi dengan pelayanan?

Ketika kita hendak membeli sebuah produk maka kita akan terlebih dahulu mencari informasi mengenai produk yang ingin kita beli. Cara untuk mendapatkan informasi tersebut bisa dengan menanyakan langsung dengan Marketing produk tersebut. Maka akan terjadi sebuah komunikasi antara pembeli dan penjual.

Costumer tentunya akan menyukai pelayanan yang menggunakan komunikasi dengan tutur kata yang baik dan jelas. Costumer bisa saja ingin membeli karenanya pelayanan yang diberikan Marketing. Maka citra dari perusahaan itu pun akan positif, masyarakat tentunya akan menyukai pelayanan yang baik

Dari pengalaman pribadi saya sendiri, saya pernah menjadi admin online. Disana saya dapat merasakan sendiri ketika kita memperlakukan pemanggang dengan biasa saja, maka kemungkinan membeli produk dapat di ragukan. Tapi ketika kita merespons dengan sepenuh hati,dengan keceriaan serta ajakan yang menarik maka pembeli akan lebih cepat untuk menyukai produk kita.

"Putri Sartika" mengatakan ketika kita berbelanja baik itu online atau offline,komunikasi pelayan kepada pembeli adalah yang utama. Ketika keterkaitan antara Marketing dan pembeli terjalin maka akan lebih mudah untuk menarik pelanggan.
Menurut penuturan "putri Sartika" Berbelanja saat ini sudah di mudah kan dengan teknologi yang ada, sepeti toko oren dan masih banyak lagi. Namun ini akan menjadi tugas Marketing untuk terus menjaga komunikasi efektifnya untuk emang katakan jual beli produk.

Menurut Soewarno Handaya Ningrat (1980: l94) Komunikasi adalah proses interaksi atau hubungan saling pengertian satu sama lain antara sesama manusia. Proses interaksi atau hubungan satu sama lain yang dikehendaki oleh seorang dengan maksud agar dapat diterima dan dimengerti antara sesamanya.

Dilansir dari akun olshop "Ertiego butik" pembeli dari produk ertiego butik itu mengatakan fast respon dan amanah pula owner nya. Kepercayaan pelanggan tidak hanya di buktikan dengan komunikasi saja tetapi juga dengan aksi. Kemudian akun lain juga mengatakan respon penjual cepat dan baik,tutur salah satu pembeli.

Pada pembelanjaan online, costumer yang ingin memberikan komentar bisa melui review produk. Jadi pembeli lain pun dapat melihat penilai yang di berikan kepada toko tersebut. Namun pada toko offline, cara penilaian nya tentu akan berbeda. Pembeli akan cenderung berkomentar dari mulut ke mulut sehingga sampai lah informasi tersebut ke masyarakat.

Komunikasi dapat di golongkan kepada 2 jenis, yaitu :

1. Komunikasi verbal (dengan kata-kata)

Pada komunikasi ini akan terjalin komunikasi yang menggunakan kata-kata selama penyampaian nya.Jika secara langsung dapat beruba sharing, cerita, dll. Pada kegiatan yang tak langsung, contoh nah seperti online. Maka k egiatan komunikasi akan menjadi terlulis atau melalui jaringan internet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun