Kampus Mengajar angkatan ke-7 telah sukses dilaksanakan di SD Muhammadiyah XIII Makam Bergola Surakarta, yang terletak di Jl. Wisanggeni No.29, Serengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Program ini diikuti oleh beberapa mahasiswa dari berbagai universitas, termasuk Universitas Sebelas Maret dan Universitas Sultan Agung. Dalam kegiatan ini, lima mahasiswa berperan sebagai mitra guru, fokus pada peningkatan literasi dan numerasi siswa. Kampus Mengajar merupakan salah satu dari berbagai program yang ditawarkan oleh Kemendikbud Ristek bagi mahasiswa yang ingin mengabdi dan terjun langsung ke masyarakat. Program ini sangat diminati oleh mahasiswa di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar ditempatkan di berbagai sekolah pilihan dinas pendidikan setempat, mulai dari SD, SMP, hingga SMK. Pelaksanaan program ini dimulai sejak pembekalan pada bulan Februari hingga Juni 2024. Banyak mahasiswa antusias terjun langsung ke sekolah, karena selain mendapatkan pengalaman berharga, mereka juga mengenal berbagai karakteristik orang dan menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi masalah. Dalam penempatan Kampus Mengajar ini, saya mendapat kesempatan untuk terjun langsung di SD Muhammadiyah XIII Makam Bergola selama 4 bulan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan selama program berlangsung:
ProgramGame Interaktif
Program kerja ini mengimplementasikan game interaktif berbasis cooperative learning untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Setiap pertemuan dirancang dengan variasi model permainan yang menyenangkan, di mana siswa kelas 1 dan 5 fokus pada pembelajaran literasi, sementara siswa kelas 2 dan 3 fokus pada pembelajaran numerasi. Pendekatan ini tidak hanya membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan dinamis, tetapi juga mendorong siswa untuk berkolaborasi dan saling membantu dalam memahami materi. Dengan adanya game interaktif ini, siswa dapat belajar sambil bermain, sehingga mereka lebih mudah memahami konsep-konsep literasi dan numerasi yang diajarkan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui metode yang inovatif dan engaging. Selama pelaksanaannya, siswa menunjukkan antusiasme dan semangat yang tinggi, menciptakan suasana belajar yang positif dan produktif. Mahasiswa kampus mengajar yang terlibat dalam program ini berperan sebagai fasilitator yang memastikan setiap siswa terlibat aktif dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna. Dengan demikian, pembelajaran yang dirancang dapat berjalan dengan baik dan efektif, memberikan dampak positif bagi perkembangan akademik siswa.
Revitalisasi Perpustakaan
Program ini diselenggarakan dengan tujuan melakukan seleksi dan penilaian terhadap buku-buku yang layak atau tidak layak serta merapikan perpustakaan karena sudah lama tidak dipergunakan sebagaimana mestinya. Pelaksanaan program ini dimulai sejak awal penugasan dan dijalankan hingga selesai pada akhir bulan Mei. Kami memulai proses revitalisasi perpustakaan dengan berbagai persiapan, seperti pembersihan dan penataan ulang rak buku. penyusunan kembali koleksi buku agar lebih terstruktur dan mudah diakses, pengecekan kondisi buku-buku lama dan pemilahan untuk perbaikan atau penggantian. Keterlibatan dalam program ini mencakup tahap awal penugasan hingga tahap akhir di bulan Mei menunjukkan komitmen untuk menyelenggarakan proses seleksi buku secara menyeluruh. Dengan melibatkan berbagai tahapan dalam kurun waktu yang cukup panjang, program ini menjamin bahwa setiap buku dievaluasi secara cermat dan mendalam, sehingga hasil akhirnya mencerminkan kualitas dan relevansi buku-buku yang dipilih. Program ini menciptakan suatu proses yang transparan dan teliti dalam menilai buku-buku, yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif terhadap koleksi buku yang tersedia.
Pembinaan Membaca
Program kerja pembinaan membaca di kelas 1 dirancang untuk membantu siswa kelas 1 dalam memperoleh keterampilan membaca yang solid dan membangun dasar yang kuat dalam literasi sejak dini. Program ini akan dilaksanakan secara berkala dan terstruktur, dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca siswa, kemampuan membaca, serta pemahaman mereka terhadap teks-teks yang sederhana. Kami merancang materi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa kelas 1. Materi tersebut mencakup pengenalan huruf dan pembentukan kata yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa. Program ini menggunakan pendekatan pembelajaran yang berbasis permainan untuk menjaga minat dan motivasi siswa dalam belajar membaca.
Ekspresi Kata