Mohon tunggu...
Jody
Jody Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger baru

Mencari esensi dalam menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Solusi Bimbel Online Murah di Ruangguru

13 Juni 2019   11:43 Diperbarui: 13 Juni 2019   11:48 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo semuanya, perkenalkan aku Jody. Aku mau berbagi cerita sedikit tentang kehidupanku di waktu SMA dalam menghadapi ujian nasional, semoga artikel ini bisa membantu kalian yang sedang bimbang dalam menghadapi ujian sekolah.

Aku merupakan salah satu siswa SMA yang pada saat itu sedang bingungnya memahami berbagai materi yang diajarkan oleh guruku, entah kenapa setiap kali guruku mengajar membuat suasana kelas menjadi begitu membosankan sehingga aku mengantuk dan tidak memahami apa yang disampaikan oleh guruku.

Padahal aku sudah kelas 12 dan saat itu sudah semester 2, seperti siswa lainnya seharusnya aku sudah harus mengerti banyak materi karena nanti akan diadakan ujian akhir sekolah atau UN yang akan menentukan universitas mana yang selanjutnya akan menjadi tempat kita melanjutkan pendidikan.

Ketika jam kelas berlangsung aku selalu mencari cara agar apa yang disampaikan guruku bisa dimengerti, mulai dengan membaca materinya terlebih dahulu, iseng mengerjakan soal latihan, dan lain sebagainya. Tapi semua hal itu hanya membuat ku semakin mengantuk dan tidak bisa fokus untuk memahami materi pelajarannya. Alhasil aku malah bercanda dengan temanku dan membahas banyak hal diluar materi pelajaran kelas hehe..

Setiap saat aku berpikir bahwa jika seperti ini terus bisa-bisa nanti aku gagal mengikuti ujian akhir sekolah dan mendapatkan nilai jelek di UN sehingga tidak bisa diterima di universitas bagus yang aku inginkan. Aku harus cari solusi.

Mungkin aku bisa belajar sendiri di kamar, dan ketika aku coba ternyata sulit karena ketika sudah di kamar aku bingung mulai darimana. Ketika aku coba membuat kelompok belajar bersama teman-temanku ternyata ini lebih sulit karena tidak semua materi bisa kami mengerti tanpa ada yang menerangkan.

Sepertinya aku harus bimbel.

Tapi untuk mengikuti bimbel itu tidak murah, biasanya untuk biayanya bisa sampai beberapa juta dan itupun harus langsung dibayar diawal. Hal itu akan memberatkan orang tuaku, aku rasa aku harus cari solusi lain.

Ketika asik bermain sosial media aku melihat ada video yang menjelaskan suatu materi dengan begitu simple sehingga aku bisa dengan mudah mengerti, setelah aku cari tau lebih lanjut ternyata video tersebut merupakan salah satu produk belajar yang dimiliki oleh bimbel online.

Pertama kali aku pikir apa bisa aku belajar dengan baik menggunakan produk bimbel online ini???

Aku mencari tau lebih lanjut dan ternyata banyak review yang bagus dari orang-orang yang sudah menggunakannya. Bimbel online tersebut adalah Ruangguru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun