Bahasa Arab sangat penting dalam bidang pendidikan dan agama, khususnya di Indonesia, di mana mayoritas orang beragama Islam. Kemampuan siswa untuk menggunakan bahasa Arab secara aktif dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu tantangan dalam pembelajaran bahasa. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa secara praktis adalah dengan menggunakan pendekatan komunikatif, juga dikenal sebagai pembelajaran bahasa komunikatif (CLT). Konsep dasar, aplikasi, dan keuntungan menggunakan pendekatan komunikatif untuk mengajar bahasa Arab dibahas dalam artikel ini.
A. Konsep-konsep Inti dari Pendekatan Komunikatif
Metode pembelajaran bahasa yang dikenal sebagai pendekatan komunikatif berfokus pada kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara efektif dalam situasi dunia nyata. Pendekatan ini menekankan penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi, bukan sekadar hafalan kosakata atau tata bahasa. Dengan metode ini, siswa diajak untuk:
1. Berinteraksi aktif: Beradaptasi dengan konteks untuk membaca, menulis, berbicara, dan mendengar.
2. Berorientasi pada makna: Mengutamakan cara orang memahami dan mengkomunikasikan makna.
3. Belajar secara kolaboratif: Melibatkan siswa bekerja sama dalam permainan peran, simulasi, atau diskusi.
B. Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Pendekatan komunikatif dapat digunakan dengan berbagai pendekatan pembelajaran yang membantu siswa meningkatkan keterampilan komunikasi mereka. Berikut adalah beberapa langkah praktis yang dapat diambil untuk menerapkannya:
1. Guru dapat menggunakan dialog kontekstual untuk menawarkan diskusi atau skenario yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, seperti berbicara tentang aktivitas sehari-hari atau keadaan di pasar. Siswa diminta untuk mempraktikkan diskusi ini dengan teman sekelas mereka.
2. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengar, permainan bahasa seperti tebak kata, peran, atau kuis interaktif dapat digunakan. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan dengan permainan ini.
3. Media Interaktif: Metode komunikasi dapat dibantu oleh teknologi seperti aplikasi pembelajaran bahasa, video interaktif, dan platform digital seperti Quizlet dan Kahoot.
4. Tugas kolaboratif, seperti menulis cerita pendek dalam bahasa Arab atau membuat presentasi tentang topik tertentu, dapat diberikan kepada siswa. Hal ini melatih keterampilan menulis dan berbicara secara bersamaan.
C. Manfaat Pendekatan Komunikatif
1. Pendekatan komunikatif membantu siswa belajar bahasa Arab. Salah satu manfaatnya adalah siswa menjadi lebih percaya diri saat berbicara dalam bahasa Arab, baik di dalam maupun di luar kelas.
2. Metode ini membantu meningkatkan keterampilan berbahasa secara keseluruhan, termasuk membaca, menulis, mendengar, dan berbicara.
Siswa lebih termotivasi untuk belajar dengan aktivitas yang beragam dan interaktif.
3. Siswa di didik untuk memahami bahwa bahasa Arab bukan hanya bahasa kitab suci tetapi juga alat untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Daftar Pustaka
Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching (5th ed.). Pearson Education
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (4th ed.). Pearson Longman
Littlewood, W. (1981). Communicative Language Teaching: An Introduction. Cambridge University Press
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H