Mohon tunggu...
R.Aditya Krisna
R.Aditya Krisna Mohon Tunggu... -

Hidup itu tindakan,,, Berguna,,, Air itu pemikiran sedangkan Api nafas mandiri,,, Kebudayaan Bangsaku lebih besar dari yang kau bayangkan

Selanjutnya

Tutup

Politik

Meramal Pemilu 2014 Melalui Facebook

19 Juni 2013   20:58 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:44 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik


Bagi siapapun yang mempunyai akun facebook pasti dilengkapi dengan profil politik pilihan pengguna. Hal ini menarik saya untuk mensurvei secara pribadi atau lebih tepatnya menghitung langsung. Hasilnya tidaklah mencengangkan semua sama yaitu lebih dari 90% pengguna dari pertemanan di akun saya apatis terhadap parpol. Dalam hal ini teman-teman kompasiana mungkin juga bisa mengecek pada akun facebook masing-masing tentang berapa besaran prosentasenya.



Ini fakta yang mesti diterima oleh negara kita sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia. Sedang untuk mensukseskan Pemilu 2014 saya yakin Pemerintah sudah menyiapkan dana iklan yang tidak sedikit agar Demokrasi Indonesia terlihat berhasil. Rakyat dipaksa bangga dengan Pemilu melalui teori perdagangan modern tapi jauh dilubuk hati kering tentang demokrasi. Saya juga sering melihat beberapa tokoh politik gencar pasang iklan di facebook (tentu langsung saya spam) yang semakin mengukuhkan dagang politik dapat dilakukan dimanapun.


Setidaknya iklan politik ini menurut saya "jauh panggang dari api" merangsek kemanapun dari gang sempit sampai gedongan di dunia maya atau dijalan-jalan sedang semu penerapannya. Inilah bukti kegagalan demokrasi setidaknya dari kacamata facebook saya.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun