Mohon tunggu...
Qurotul putri riyadi
Qurotul putri riyadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Welcome!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keterlibatan Media Sosial Terhadap Aktifitas Public Relations

15 Mei 2023   20:31 Diperbarui: 15 Mei 2023   20:34 375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan teknologi dan informasi sekarang sangat berpengaruh terhadap situasi saat ini, salah satunya media social. Media social adalah media baru yang digunakan oleh orang-orang untuk saling berinteraksi satu sama lain dengan menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dalam sebuah jaringan virtual. Kehadiran media social memberikan dampak tersendiri bagi semua institusi, salah satunya Public Relations. Public Relations adalah sarana komunikasi dalam menjalin hubungan antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya sebagai bentuk upaya untuk mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik antara perusahaan/organisasi dengan publiknya.

Penggunaan media social pada Public Relations sangat membantu para praktisi PR karna cara kerja media social yang sangat efektif, cepat, skala jangkauan sangat luas, dapat diakses oleh siapa saja, dapat berinterkasi satu sama lain, berita yang disampaikan real time dan termasuk komunikasi dua arah. Dalam hal ini, bahwa media social dapat dijadikan sebagai salah satu media yang digunakan dalam strategi Public Relations untuk berinterkasi dengan publiknya dan media social memiliki peran yang penting dalam era saat ini. Namun, seorang Public Relations harus berhati-hati dan selalu me-monitoring media dalam arus informasi yang sedang trend di semua media massa. Karna setiap orang dapat menyampaikan opini atau kritik nya tanpa dapat difilter terlebih dahulu oleh organisasi atau perusahaan. Maka dari itu, kita sebagai pengguna media sosial dan generasi muda harus bijak memanfaatkan media sosial dengan baik.

Media sosial juga dapat digunakan untuk menunjang aktifitas atau kegiatan Publc Relations. Aktifitas Public Relation dan Media social saling berhubungan. Berikut aktifitas PR dan media social jika digabungkan :

  • Dapat meningkatkan reputasi perusahaan atau organisasi

Keberadaan PR dan media social sangat penting karna untuk menjalin rasa saling pengeetian antara perusahaan/organisasi dengan publiknya.

  • Dapat menarik perhatian public

Seorang PR harus dapat menarik perhatian public dan menciptakan awareness pada perusahaan/organisasi yang disampaikan melalui media social.

  • Memperoleh publisitas yang lebih luas dan besar

Setelah seorang PR mempublikasikan informasi melalui media dan dapat menarik perhatian publik, perusahaan memperoleh publisitas dan target yang lebih luas dan besar.

  • Menyampaikan informasi dengan efektif

Fungsi lain dari media sosial  dalam kegiatan PR adalah untuk membantu berkomunikasi secara lebih efektif. Dengan bantuan media sosial, informasi dapat disebarkan lebih luas lagi. Dengan cara ini, informasi menjangkau lebih banyak orang dan  juga dapat membantu meminimalkan biaya operasional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun