Mohon tunggu...
Rani
Rani Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

Suka nulis dan nonton turnamen badminton.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sebelum Memilih Menjadi Public Relations, Pahami Dulu Beberapa Konsep di Bawah Ini!

22 Januari 2021   13:40 Diperbarui: 28 Januari 2021   14:59 710
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

A. Pengertian Public Relations

Tahukah kamu apa itu Public Relations? Public relations atau bisa juga disebut Humas merupakan  fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara organisasi dengan publik. Humas berperan penting dalam setiap lembaga karena humas merupakan salah satu strategi dalam membentuk citra perusahaan baik itu citra positif ataupun citra negatif.

Dalam membentuk citra, humas biasanya memiliki hubungan yang luas dengan lembaga atau orang lain. Dikutip dari forbes.com menyatakan bahwa orang yang berprofesi sebagai PR adalah pendongeng. Mereka berusaha keras untuk membangun, melindungi dan meningkatkan reputasi di hadapan publik. 

Humas mempunyai tiga peran. Pertama sebagai orang yang memberikan penjelasan, yaitu orang yang bekerja sebagai konsultan dalam menjelaskan masalah, menyarankan pilihan serta memantau pelaksanaan kebijakan.

Kedua yaitu menjadi fasilitator komunikasi yang biasanya bertugas dalam suatu organisasi dan berkaitan langsung dengan lingkungan yang berperan sebagai penjaga hubungan dan komunikasi dua arah. Ketiga sebagai penyedia solusi untuk memecahkan suatu masalah, yaitu orang yang bermitra dengan senior untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah (Lattimore, 2010).

B. Media Relations

Media relations adalah kegiatan untuk mendapatkan penyiaran atau pemuatan secara maksimal tentang informasi public relations yang disampaikan untuk memberikan pengetahuan dan menciptakan pengertian publiknya.

Menciptakan dan membina hubungan yang baik dengan media massa sangat diperlukan, guna memudahkan akses perusahaan dalam penyebarluasan informasi dan promosi. Selain itu menekan pemberitaan negatif juga tidak kalah penting agar representasi dari citra positif perusahaan dapat bertahan.

Pada umumnya, perusahaan memerlukan publikasi yang meluas untuk menarik perhatian publik lebih banyak jika dibandingkan dengan pemberitaan yang dilakukannya sendiri. Kegiatan-kegiatan serta promosi yang dilakukan oleh perusahaan tidak akan bernilai lebih, jika hanya diketahui oleh publik internal. Maka menjalin relasi dengan media menjadi kebutuhan pokok (Fauzan, 2019).

C. Strategi Komunikasi Public Relations

Seorang public relations akan dapat melakukan tugas-tugasnya dengan baik jika didukung dengan strategi komunikasi yang tepat dan efektif. Berikut rincian tentang strategi komunikasi public relations dalam membangun  hubungan dengan media yang diungkapakan oleh Soleh Sumirat dan Elvinaro Ardianto (dalam Hidayati: 2015).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun