Mohon tunggu...
Qory Salsabilla Shodikin
Qory Salsabilla Shodikin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

#SocialStudies

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Perusahaan Swasta Dalam Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 Melalui Program CSR Kepemudaan

26 Maret 2023   03:36 Diperbarui: 26 Maret 2023   04:00 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara maju dan mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 karena sebagai negara dengan jumlah penduduk keempat terbesar di dunia dan ekonomi terbesar ke-16 di dunia. Visi Indonesia Emas 2045 sendiri merupakan target jangka panjang pemerintah Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045, yang merupakan perayaan 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Visi tersebut didasarkan pada empat pilar utama yaitu pembangunan manusia dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, serta pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.

Pembangunan manusia menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 karena pada periode 2010-2045, jumlah penduduk Indonesia usia produktif diperkirakan akan terus meningkat. Oleh karena itu, penting bagi Indonesia untuk mengoptimalkan potensi sumber daya manusia (SDM) termasuk pemuda Indonesia. Pemuda Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 karena mereka merupakan generasi penerus yang akan memimpin Indonesia di masa depan. 

Selain Pemerintah Indonesia yang berkontribusi secara penuh untuk mencapai tujuan tersebut, pihak-pihak eksternal seperti perusahaan swasta tentunya memiliki tanggung jawab yang sama untuk membangun dan membantu negara dalam mencapai cita-cita besar pembangunan manusia, salah satunya dapat diimplementasikan melalui program CSR. Program Corporate Social Responsibility (CSR) pada dasarnya merupakan upaya dari perusahaan swasta untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat. Oleh karena itu, program CSR yang tepat dapat berkontribusi dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Dalam keterkaitannya dengan program CSR, perusahaan swasta dapat menyusun program CSR yang sesuai dengan pilar-pilar utama tersebut. Misalnya, program CSR yang berfokus pada kewirausahaan dan kepemimpinan pada bidang kewirausahaan dan teknologi dapat membantu mewujudkan pilar pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui program CSR tersebut, perusahaan swasta dapat berperan aktif dalam membangun dan mengembangkan SDM pemuda Indonesia serta memberikan dampak positif bagi pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia secara keseluruhan.

Perusahaan swasta dapat memberikan pelatihan keterampilan bagi pemuda Indonesia untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam dunia kerja. Pelatihan keterampilan ini dapat mencakup pelatihan teknis, seperti pelatihan komputer, pelatihan bahasa Inggris, pelatihan manajemen proyek, atau pelatihan keterampilan teknologi informasi lainnya. Selain itu, perusahaan swasta juga dapat memberikan pelatihan keterampilan sosial, seperti pelatihan kepemimpinan, komunikasi, dan keterampilan interpersonal. Melalui komitmen perusahaan swasta dalam mendukung lingkungan sekitar melalui program CSR, berikut ini beberapa perusahaan swasta yang memberlakukan program CSR ditujukan kepada aktivitas kepemudaan, antara lain Unilever Future Leader League Dari PT Unilever, XL Axiata Future Leader dari PT XL Axiata, dan #KejarMimpi dari PT Bank CIMB Niaga.

Unilever Future Leader League

Unilever Future Leader League atau biasanya disebut UFLL merupakan kompetisi bertaraf nasional hingga internasional yang dilaksanakan oleh PT Unilever ditujukan untuk membangun jiwa kepemimpinan dan menumbuhkan kemampuan entrepreneurship bagi pesertanya. Kompetensi bisnis UFLL ini secara khusus membahas bidang  fast moving consumer goods (FMCG) di mana kompetensi akan diikuti oleh 30 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Dengan rangkaian kegiatannya selain berkompetensi, peserta yang terseleksi harus mengikuti U-Camp dan akan dibagi menjadi 10 kelompok yang beranggotakan tiga orang yang dimana juara nya akan mewakili Indonesia dalam kompetisi UFLL global.

XL Axiata Future Leader

XL Future Leaders adalah program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Indonesia yang dirancang untuk mengembangkan pemimpin yang berwawasan sosial, kreatif dan percaya diri dengan menyediakan sumber belajar berkualitas tinggi bagi generasi muda di seluruh Indonesia. Melalui program ini ditujukan agar generasi muda dapat:

  • Mengembangkan kemampuan melalui refleksi diri

  • Membangun kesadaran akan kebutuhan pembangunan Indonesia

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun