Mohon tunggu...
Qonita Zahra Maulida
Qonita Zahra Maulida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang

Saya merupakan seseorang yang sedang menjelajah diri sendiri, saya menyukai semua hal seperti fotography, writing, dan hal-hal random lainnya

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Serunya Jadi Mahasiswa Komunikasi!

22 Desember 2023   00:56 Diperbarui: 22 Desember 2023   18:04 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Bagi adik-adik SMA yang berencana jadi mahasiswa tapi masih bingung mau jurusan apa?, boleh yuk mampir dulu, biar aku hasut buat jadi anak ilmu komunikasi hehe. 

Ilmu Komunikasi itu apa sih sebenarnya? jurusan yang belajar speak-speak aja kah? atau jurusan tersantai dari seluruh jurusan yang ada di Indonesia?. Awalnya aku juga berpikir demikian, kalau ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari cara bicara di depan publik. Tapi, ternyata ilmu komunikasi itu tidak sedangkal yang kalian pikirin loh... Kalau aku ibaratkan, ilmu komunikasi itu seperti "Bandara". Kenapa begitu?, karena ilmu komunikasi bisa bertujuan kemanapun sesuai passion kita.

Menurutku, ilmu Komunikasi adalah jurusan seru dan paling banyak benefit yang bisa dirasakan di kehidupan sehari-hari. Kita bisa mendapatkan materi psikologi, bisnis, sinematografi, politik, hukum, sosiologi, dan masih banyak lagi. Semua materi itu bisa kalian dapatkan di jurusan ilmu komunikasi. Tidak ketinggalan skill communication kalian akan meningkat di jurusan ini, karena secara tidak langsung mata kuliah yang  didapatkan akan membuat kalian untuk bisa berbicara dan mengutarakan opini di depan publik. 

Bagi kalian yang introvert dan menghindari hal ini, tenang saja ya... Karena ilmu komunikasi tidak menuntut kalian harus jago public speaking di depan public saja, tetapi kalian juga bisa bersuara melalui komunikasi lainnya. Contohnya, kalian bisa membuat karya tulis, design, atau bahkan cerita seperti ini. Karena ilmu komunikasi itu adalah ilmu yang mempelajari bagaimana pesan bisa tersampaikan kepada audiens dan mendapatkan feedback dari mereka. Jadi dengan apapun media yang digunakan untuk menyampaikan pesan kalian dan sampai ke penerima pesan, itulah komunikasi. 

Fyi, kalau kalian searching jurusan tersantai untuk kuliah, ilmu komunikasi akan menjadi 3 teratas hehe. Tapi kalian jangan menyepelekan jurusan ini ya. Walaupun menjadi jurusan tersantai, ilmu komunikasi memiliki prospek kerja yang paling dicari loh. Kenapa demikian?, karena jurusan ini bisa mencangkup berbagai bidang yang masih berhubungan dengan komunikasi. Apalagi saat ini dunia online sudah meningkat pesat dan menjadi peluang bagi anak ilmu komunikasi terjun langsung menunjukan skill communicationnya. 

Mata kuliah yang aku dapatkan selama ini sangat relate dengan kehidupan sehari-hariku. Misalnya dengan mata kuliah psikologi komunikasi. Di mata kuliah tersebut, aku mendapatkan ilmu yang dimana bisa aku pakai ketika bertemu dengan teman-teman dan orang baru. Aku mempelajari bagaimana psikologi seseorang mempengaruhi cara berkomunikasinya, atau mood seseorang yang bisa terbaca saat dia berbicara. Bagi aku yang suka mendengar curhatan teman-teman, matkul itu sangat menarik karena bisa membaca situasi seseorang dan menanggapi pesan mereka dengan baik. Penasaran awal mula aku memilih jurusan ini? aku jamin plot twist deh hehe... Sekian cerita-cerita hari ini semoga semakin penasaran dengan jurusan tersantai ini ya...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun