Bermain merupakan hal yang menyenangkan  bagi para kaum anak usia dini sampai tua, dengan bermain kita mampu terasa senang dan terhibur, pada dunia anak adalah bermain dimana dengan bermain maka sang aud mampu mengembangkan perkembangan  dan mendapatkan pengalaman yang banyak, bermain memiliki beberapa objek yang harus terpenuhi dalam pelaksanaan nya yaitu orang yang memainkan nya dan permainan yang di mainkan nya dalam permainan anak usia dini terdapat beberapa permainan nya salah satu nya yaitu permainan edukatif, permainan ini adalah permainan yang mampu mengadukan atau meningkatkan kemampuan anak, alat permainan edukatif mampu di mainkan di rumah maupun di sekolahan.Â
manfaat yang mampu dirasakan dengan menggunakan ape sebagai penunjang pembelajaran ketika APE di gunakan secara maksimal, fungsi dan manfaat APE sebagai pengembangan dan perkembangan aspek anak di dapat dari penyesuaian APE yang di gunakan, APE di rancang sesuai dengan aspek perkembangan
APE mampu menjadi salah satu media pembelajaran  bagi guru dan orang tua di dalam sekolah maupun di dalam rumah menurut Januszewski dan molendsa dalam guling dan kurnia (2018) mengemukakan bahwa istilah sumber belajar di pahami sebagai perangkat, bahan(materi), peralatan, pengaturan, dan orang di mana pembelajaran dapat berinteraksi dengan nya yang bertujuan untuk memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja dari pengertian di atas kita mampu memahami bahwasanya nya APE sangat mampu mempengaruhi pembelajaran anak penggunaan APE juga mampu membantu dan memudahkan guru dalam memberikan pembelajaran nya.Â
menurut suryadi dalam Nurlaili(2018) Alat permainan edukatif sebagai sumber dan media pembelajaran untuk anak usia dini memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:
1. melatih kemampuan motorik. stimulasi untuk motorik halus di peroleh ketika anak meraih mainan, meraba, memegang dengan kelima jadinya dan sebagainya, dan rangsangan motorik kasar bisa di peroleh anak saat menggerakkan mainan nya, melempar, mengangkat.
2. melatih konsentrasi alat permainan edukatif di rancang untuk menggali potensi dalam diri anak, khususnya dalam berkonsentrasi seperti bisa ambil contoh anak ketikan menyusul puzzle
3. mengenalkan konsep sebab akibat dari bentuk mainan dengan dua ukuran yang berbeda seperti anak memasukkan bola kecil di tempat ruangan kecil dan bola besar di tempat ruang yang besarÂ
4. melatih kemampuan berbahasa dan wawasan seperti bercerita menggunakan boneka tangan dan buku cerita besarÂ
5. mengenalkan konsep warna dan bentuk, seperti anak bermain kardus yang di beri warna dan bermain cat tanganÂ
diatas merupakan manfaat alat permainan edukatif dalam media pembelajaran, namun di dalam permainan edukatif  juga terdapat desain harus sesuai dengan anak usia dini, APE mampu di buat dan beli jika membuat alat permainan edukatif juga harus mampu memperhatikan supaya tidak berbahaya bagi anak usia dini kegiatan guru yang seharusnya di perhatikan dalam APE menurut sudono yaitu :Â
1. merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasiÂ