Mohon tunggu...
Healthy

Memiliki Fasilitas Lengkap, UPT Puskesmas Kecamatan Cijeruk Diserbu 200 Pasien Perhari

30 Maret 2016   20:00 Diperbarui: 30 Maret 2016   20:04 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Warga berobat di Puskesmas Cijeruk silih berganti pada hari rabu 16 maret 2016 pukul 08.20 WIB"][/caption]Pelayanan puskesmas daerah di Indonesia saat ini sudah mengalami peningkatan yang cukup baik ari segi pelayangn kesehatan dan fasilitas. Banyak program-program kesehatan yang memberikan kemudahan bagi warrga sekitar untuk berobat, sebagai contoh seperti yang terlihat di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Cijeruk. Puskesmas ini memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai.

“ Fasilitas kita banyak, kita ada sarana kesehatan, Polindes, Puskesmas pembantu (Pustu) di daerah Lengis, lalu adaUPF di Sukaharja, dan ada rencana untuk membuat Pusling atau Puskesmas Keliling.” Ungkap Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Puskesmas Kecamatan Cijeruk, Bapak Dede Ruhiyat.

Selain fasilitas yang lengkap UPT Puskesmas Cijeruk memiliki pelayanan yang banyak, diantaranya adalah Poliklinik, Poli gigi, Program KB, Klinik gizi, klinik paru-paru dan TB, klinik sanitasi, Imunisasi, dan yang terbaru adalah Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar atau disingkat PONED yaitu pelayanan khusus untuk bayi dan ibu hamil yang memiliki gedung tersendiri di sebrang bangunan puskesmas.

Menurut Bapak Dede Ruhiyat yang telah bekerja di Puskesmas Cijeruk selama 6 tahun, jumlah rata-rata pasien yang berobat ke UPT Puskesmas Cijeruk 150-200 pasien setiap harinya. Setelah adanya BPJS Kesehatan yang menggratiskan semua biaya di Puskesmas jumlah pasien bertambah semakin banyak. Jumlah peserta BPJS Kesehatan di Kecamatan Cijeruk mendudukin posisi ketiga terbanyak sekabupaten Bogor yaitu sekitar 35.000 orang.

UPT Puskesmas Cijeruk memiliki kerjasama dengan rumah sakit sekitar untuk pasien rujukan. Bila pasien rujukan biasanya dipersulit untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit, kini dengan program  jari emas, pasien akan langsung dilayani dengan baik oleh rumah sakit yang dirujuk.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun