Perkembangan teknologi seperti saat ini semakin memudahkan para penggunanya dalam menjalankan berbagai kegiatan. Kegiatan yang kita lakukan terasa mudah dan cepat dengan menggunakan teknogi yang ada. Perusahaan-perusahaan tentunya mengikuti perkembangan teknolodi ini untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam menjalankan berbagai kegiatnnya. Salah satu kegiatan  dalam perusahaan adalah kegiatan pemasaraan, kegiatan pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk memasarkan atau mempromosikan barang atau jasa dari perusahaan tersebut. Saat ini banyak perusahaan-perusaan menerapkan pemasraan digital atau biasa disebut dengan digital marketing. Digital marketing yang diginakan oleh perusahaan antara lain:
- Membuat dan mendistribusikan konten yang bermanfaat seperti artikel, blog untuk menarik dan mempertahankan audien.
- Membuat ikklan google atau google Ads di hasil pencarian google untuk meningkat minat masyarakat mengunjungi laman kita.
- Membuat iklan di berbagai platform media social seperti facebook dan Instagram untuk berinteraksi dengan para audien yang kita targetkan..
- Memasarkan atau mempromosikan produk atau layanan dengan bekerjasa Bersama influencer.
- Memanfaatkan e-commerce dengan mengelola toko online dan menjual produk dan layanan secara digital.
- Mengoptimalkan penggunaan SEO (Search Engine Optimization agar meningkatkan ketertarikan pelanggan terhadap produk atau jasa.
- Mengadakan seminar web atau acara online untuk berbagi pengetahuan, menarik prospek dan memperkuat hubungan dengan audien.
Pemasaran digital atau digital marketing adalah kegiatan mempromosikan atau memberitau kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa melalui platform digital. Dengan menggunakan digital marketing ini kita akan mendapatkan beberapa keuntungan salah satunya adalah kita dapat berinteraksi dengan calon pembeli melau saluran digital, dapat mengefisiensi waktu dan dapat menargetkan pasar yang kita inginkan. Oleh karena itu kita perlu belajar mengnai pemasaran digital untuk mempersiapkan diri untuk masuk kedalam dunia kerja.selin itu kita memerlukan sertifikasi digital marketing agar kemampuan yang kita miliki diakui dan memiliki bukti.
Sertifikasi digital marketing adalah suatu pengakuan secara formal terhadap kemampuan yang kita miliki dibidang digital marketing setelah mengikuti dan meyelesaikan program pelatihan atau kursus dan dinyatakan lulus ujian. Sertifikasi digital marketing ini menunjukkan bahwa seseorang tersebut memiliki pemahaman secara mendalam mengenai pemasaran yang dilakukan secara online, alat dan teknik digital. Keuntungan yangan didapatkan ketika seseorang mengikuti serifikasi digital yaitu:
- Seseorang yang memiliki sertifikasi digital marketing menandakan bahwa orang tersebut memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan kegiatan digital marketing. Sehingga seseorang yang memengang sertifikasi digital marketing ini meningkatkan kepercayaan industry mengenai kemampuan yang dimiliki seseorang tersebut.
- Daya Saing Karir: Dalam lingkungan kerja yang kompetitif, sertifikasi dapat memberikan manfaat tambahan dan membedakan seseorang dari pesaing. Banyak perusahaan mencari profesional dengan sertifikasi pemasaran digital.
- Mengikuti sertifikasi digital marketing membuat kita mendapatkan kesempatan belajar dari seseorangan yang professional dalam bidang tersebut sehingga ita mendapatka ilmu dari yang dari seseorang yang yang sudah ahli.
- Bidang pemasaran digital terus berkembang. Melalui sertifikasi, individu dapat memperbarui pengetahuan mereka tentang tren terbaru, alat, dan strategi yang relevan dalam industri ini.
Seseorang yang ingin mendapatkan serifikasi digital marketing ini harus belajar pada seseorang yang sudah ahli dalam bidang digital marketing dan di naungi oleh suatu Lembaga professional yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi. Lembaga sertifikasi profesi adalah suatu organisasi yang memiliki tanggung jawab memberikan pengetahuan, keterampilan seseorang dalam suatu biadang pekerjaan dan memberikan pengakuan secara resmi terhadap seseorang tersebut atas kemampuan yang dimiliki setelah belajar dan diuji. Lembaga sertifikasi profesi ini memberikan kepercayaan kepada para klaen atau masyarakat umum bahwa individu yang memegang sertifikasi tersebut telah mencapai standart tertentu dalam profesinya.
Sertifikasi digital marketing menjadi suatu kinci untuk membuka pintu kesusksesan bagi para professional yang unggul daam bidang ini. Lembaga sertifikasi profesi dibidang digital marketing ini bertanggung jawab dalam menjaga kualitas sertifikasi tersebut. Mereka memastikan bahwa pemilik sertifikasi ini memiliki pemahaman secara mendalam mengenai tren terkini dan praktik terbaik di dunia digital. Mengikuti program sertifikasi digital marketing ini bukan hanya untuk mendapatkan sertifikas digital marketing melainkan sebagai invesitasi untuk mengembangkan karir dan belajar mengenai digital marketing.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H