Mohon tunggu...
Qanita Zulkarnain
Qanita Zulkarnain Mohon Tunggu... Lainnya - Magister Psikologi

Psychology Undergraduate and Psychometrics Graduate.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Apakah Perlu Mencantumkan Hipotesis Nol di Penelitian?

12 Juli 2024   06:30 Diperbarui: 12 Juli 2024   06:41 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image by stockking on Freepik

Dalam ranah penelitian ilmiah, salah satu unsur landasannya adalah perumusan dan pengujian hipotesis. Diantaranya, hipotesis nol merupakan komponen penting, namun kepentingannya terkadang diabaikan. Memasukkan hipotesis nol dalam penelitian Anda sangat penting untuk memastikan ketelitian, validitas, dan reliabilitas ilmiah. Artikel ini mengeksplorasi mengapa memasukkan hipotesis nol sangat diperlukan untuk penelitian yang kuat.

Istilah hipotesis berperan penting dalam penelitian ilmiah pendekatan positivistik, yang banyak dari kita mungkin lebih akrab dengan istilah kuantitatif. Hipotesis itu sendiri biasanya ada hipotesis nol, hipotesis alternatif, atau hipotesis satu, hipotesis dua, dan seterusnya. Hipotesis nol umumnya berbunyi "Tidak ada hubungan/pengaruh/perbedaan/dan lain-lain antara variabel yang diuji", sedangkan hipotesis alternatif, hipotesis satu, hipotesis dua, dan seterusnya menyatakan bahwa terdapat hubungan/pengaruh/perbedaan/dan lain-lain antara variabel yang diuji.

Seringkali, peneliti justru mencantumkan hipotesis alternatif atau hipotesis satu, hipotesis dua, dan seterusnya tetapi tidak mencantumkan hipotesis nol. Padahal, secara filosofis penelitian ilmiah tidak bertujuan untuk membuktikan terdapat hubungan/pengaruh/perbedaan/dan lain-lain, melainkan untuk menolak kenyataan bahwa H0 ditolak.

Jika Anda merasa kesulitan memahami hal tersebut, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu hipotesis nol, filosofinya, dan kenapa hipotesis nol wajib disertakan.

Memahami Hipotesis Nol

Hipotesis nol (dilambangkan sebagai H0) merupakan pernyataan tidak adanya pengaruh atau tidak adanya hubungan antar variabel dalam konteks penelitian. Ini berfungsi sebagai posisi default atau dasar yang ingin ditantang oleh peneliti melalui data mereka.

Misalnya, dalam sebuah penelitian yang menyelidiki pengaruh obat baru terhadap tekanan darah, hipotesis nol menyatakan bahwa obat tersebut tidak berpengaruh pada tingkat tekanan darah.

Mengapa demikian?

Dalam sebuah penelitian yang menyelidiki pengaruh obat baru terhadap tekanan darah, hipotesis nol menyatakan bahwa obat tersebut tidak berpengaruh pada tingkat tekanan darah. Artinya, menurut hipotesis nol, setiap perubahan yang diamati pada tekanan darah setelah pemberian obat adalah murni karena kebetulan atau variabilitas alami, dan bukan karena obat itu sendiri yang mempunyai dampak nyata. Peneliti menguji hipotesis ini dengan memberikan obat kepada sekelompok subjek dan mengukur tingkat tekanan darah mereka sebelum dan sesudah pengobatan. Jika data menunjukkan perubahan tekanan darah yang signifikan secara statistik yang tidak dapat dikaitkan dengan variasi acak, peneliti dapat menolak hipotesis nol. Hal ini menunjukkan bahwa obat tersebut memang berpengaruh pada tingkat tekanan darah. Sebaliknya, jika tidak ada perubahan signifikan yang diamati, hipotesis nol tidak dapat ditolak, dan disimpulkan bahwa obat tersebut tidak mempunyai pengaruh yang terukur terhadap tekanan darah.

Atau, pada contoh yang lebih sederhana, peneliti ingin membuktikan bahwa, "Kambing makan rumput". Maka, hipotesisnya adalah, "Kambing tidak makan rumput", dan jika hipotesis nol ditolak berarti dijamin bahwa kambing mungkin makan rumput, namun tidak menutup kemungkinan jika kambing memakan hal lain yang tidak dibahas dalam penelitian tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan filosofi pengetahuan ilmiah sebagai berikut.

Filosofi Hipotesis Nol dalam Penelitian Ilmiah

Penelitian ilmiah didasarkan pada prinsip-prinsip filosofis yang memandu perumusan, pengujian, dan interpretasi hipotesis. Di antara prinsip-prinsip ini, hipotesis nol sangat penting, yang mencerminkan prinsip-prinsip inti seperti skeptisisme, kepalsuan, objektivitas, kerendahan hati epistemik, dan tanggung jawab etis.Berikut adalah penjelasannya:

  • Skeptisisme dan Hipotesis Nol
    Skeptisisme mendorong peneliti untuk mempertanyakan asumsi dan mencari bukti empiris sebelum menerima klaim. Hipotesis nol mewujudkan skeptisisme ini dengan mengasumsikan tidak ada pengaruh atau hubungan sampai terbukti sebaliknya. Pendekatan ini memastikan kesimpulan didasarkan pada bukti kuat dan bukan asumsi prematur.
  • Falsifikasionisme: Inti dari Penyelidikan Ilmiah
    Filsuf Karl Popper berpendapat bahwa agar suatu hipotesis menjadi ilmiah, hipotesis tersebut harus dapat diuji dan disangkal. Hipotesis nol sejalan dengan hal ini dengan menyajikan pernyataan yang jelas dan dapat diuji yang dapat dibantah oleh data empiris. Hal ini mendorong kemajuan ilmiah melalui pengujian sistematis dan penyempurnaan teori.
    Proses pengujian hipotesis pada dasarnya melibatkan falsifikasi karena peneliti berusaha mem-falsifikasi (secara sederhana maksudnya adalah menolak) hipotesis nol. Jika data bertentangan dengan hipotesis nol sampai tingkat yang signifikan, hipotesis nol ditolak, dan teori atau efek yang diuji berarti didukung data.
  • Objektivitas dan Pencarian Kebenaran
    Supaya objektif, berarti harus minim bias pribadi. Selain itu juga harus mendasarkan kesimpulan pada bukti yang dapat diamati (empiris). Hipotesis nol memfasilitasi hal ini dengan memberikan titik awal yang netral, memastikan kesimpulan ilmiah tidak terpengaruh oleh interpretasi subjektif.
  • Epistemic Humility
    Epistemic humility meliputi pengakuan terhadap batas-batas pengetahuan seseorang dan menerima bahwa pemahaman bersifat sementara. Hipotesis nol mewujudkan kerendahan hati ini dengan mengakui kemungkinan bahwa efek yang diamati mungkin disebabkan oleh kebetulan. Hal ini mendorong sikap keterbukaan terhadap kesalahan dan merevisi teori berdasarkan bukti baru.

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
    Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun