Para Kpopers di Indonesia pasti akhir-akhir ini juga menyadari bahwa beberapa artis Korea Selatan menjadi Brand Ambasador berbagai merek milik orang Indonesia. Mulai dari brand skincare yang bikin glowing, bodycare dengan klaim mencerahkan kulit seketika, hingga produk mie instan sehat yang katanya rendah kalori.
Kalau dipikir-pikir, apa sih kegunaan dari Brand Ambasador artis korea? Padahal mereka semua kemungkinan besar tidak menggunakan produk brand tersebut terus menerus kan?
Well, hal yang dilakukan oleh berbagai brand ini tidak salah. Berkolaborasi atau menjadikan artis Korea Selatan sebagai brand ambasador bertujuan untuk meningkatkan brand awareness.
Brand Awareness untuk Meningkatkan Penjualan
Secara sederhana, brand awareness diterjemahkan sebagai kesadaran merk. Suatu kemampuan pasar atau konsumen dalam mengenali suatu brand hanya karena hal yang kecil seperti logo, warna, jargon, atau image produk.Â
Secara tidak langsung, konsumen akan lebih memilih untuk membeli produk dari barang yang sudah dikenali dan dipercaya. Oleh karena itu, brand awareness sangatlah penting.
Contohnya, saat kita memikirkan suatu brand sepatu olahraga, pasti sebagian besar dari kita memikirkan suatu brand sepatu olahraga dengan ciri tanda centang sebagai logo-nya. Atau bisa juga brand sepatu olahraga dengan logo tiga garis miring.Â
Kedua brand ini seringkali dipakai oleh anak muda atau influencer jika terkait dengan sepatu olahraga atau hang-out. Nah, hal ini dikarenakan brand awareness dari brand ini sangat kuat karena logo dan image yang mereka buat.
Kembali ke topik awal. Berkolaborasi atau menjadikan artis besar sebagai brand ambasador sebenarnya bukan hal yang baru. Namun, seiring dengan populernya budaya K-pop dari Korea Selatan. Banyak brand yang berbondong-bondong mencoba memanfaatkan kepopuleran artis untuk meningkatkan brand awareness mereka.
Seperti yang kita tahu, idol K-pop dan artis Korea Selatan lain mempunyai penggemar yang sangat royal. Banyak hal yang dilakukan penggemar untuk menunjukkan rasa cinta mereka.Â