Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Lainnya - English Tutor | Freelance Content Writer

Random Thought About Lifestyle, Movies, K-drama, Beauty, Health, Education and Social Phenomena | Best Student Nominee Kompasiana Awards 2022

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bukti Bahwa Influencer Sama Berpengaruhnya dengan Artis Ternama

13 Januari 2022   19:00 Diperbarui: 13 Januari 2022   19:02 610
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Influencer yang muncul dalam acara Single's Inferno Netflix (sumber: Kpopmap)

Era sosial media memberikan efek yang sangat kuat terharap masyarakat. Secara tidak langsung sosial media memunculkan satu profesi baru. Profesi tersebut adalah influencer.

Influencer adalah orang-orang yang memiliki banyak pengikut di sosial media yang memberikan banyak pengaruh. Mereka bekerja dengan cara membuat konten sesuai dengan bidang, seperti kecantikan, story-telling, musik, dll. Pengaruh ini biasanya berbentuk tren baru, penggunaan produk tertentu, dll. 

Saat ini, banyak influencer yang bekerjasama dengan berbagai merek untuk mempromosikan suatu produk, kampanye Gerakan positif, dan memberikan asupan berbagai jenis konten kepada para pengikut di sosial media mereka.

Karena besarnya pengaruh mereka, banyak influencer yang mendapatkan banyak perhatian oleh masyarakat. Bahkan, topik tentang influencer banyak diperbincangkan lebih dari artis ataupun publik figure lain.

Influencer Tidak Kalah Populer dari Artis Ternama

  • Jumlah pengikut sosial media

Jumlah pengikut menjadi salah satu tolok ukur influencer. Jumlah pengikut di satu atau lebih sosial media memberikan peluang besar pengaruh yang diberikan dan semakin banyak orang yang mengenal. 

Keaktifan pengikut sosial media juga dapat meningkatkan engagement rate atau tingkat keefektifan suatu konten untuk suatu tujuan. Semakin tinggi engagement rate, semakin efektif dan efektif tingkat interaksi konten dengan pengikut.

  • Sama-sama menjadi pusat perhatian publik

Semakin banyak pengikut yang dimiliki, semakin banyakpula orang yang mengenal atau mengetahuinya. Oleh karena itu, influencer juga tidak dapat mengelak dari menjadi pusat perhatian dimanapun. Sania Leonardo, seorang influencer tiktok, bahkan mengatakan bahwa saat ia ingin berlibur di kampung halamannya, banyak orang yang mengenalinya dan membuatnya makin menajdi pusat perhatian publik.

  • Konsistensi dan self-branding yang lebih terbentuk

Dibandingkan dengan artis ataupun pemain film, influencer lebih menonjolkan konsistensi dan self-branding. Mereka dituntut harus memiliki self-branding yang kuat dan ciri khas yang menonjol. 

Fadil Jaidi contohnya. Influencer Instagram satu ini konsisten membuat konten yang lucu bersama dengan keluarga, terutama ayahnya yang biasa disebut dengan Pak Muh. Saat harus mempromosikan suatu produk, ia juga menonjolkan ciri khasnya yaitu berjualan dengan cara yang menarik dan lucu bersama dengan anggota keluarganya.

  • Populernya program khusus influencer

Akhir-akhir ini, ada satu program yang dibuat oleh Netflix Korea yang berisi influencer berjudul Single's Inferno. Para influencer yang bergabung di program ini harus bertahan hidup bersama di suatu pulau. Mereka harus berinteraksi dan bisa memenangkan hadiah apabila di akhir acara mereka mampu mendapatkan pasangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun