Awalnya ketika akan melangkah dari tujuan yang tak menentu perasaan seorang anak buruh "mau jadi apa" melihat permasalahan pendidikan di negeri penuh dengan kompotisi. Dahulu jaman Belanda anak petani tidak boleh sekolah hanya anak raja dan pengkhianat negeri mendapatkan perhatian dari pemerintah Belanda (katanya dari beberapa sumber) sekarangpun masih seperti itu tengok sekolah yang punya nama (sekolah rebutan) hanya anak orang kaya dan pejabat yang dapat sekolah disana sedangkan anak guru sendiri tidak. Itupun masih kental pengaruhnya hingga sekarang dengan sebutan Neo feodalisme. Mengapa semangat guru setengah hati ?
Penyebabnya antara lain:
Faktor eksternal
Pendidikan warisan Penjajah
Fakta yang ada dihadapan mata melihat dengan miris sepertinya mereka masih kuat dipengaruhi oleh nafsu berkuasa membangun kemapanan keluarga mereka dengan demikian semangat mengajar guru terbelenggu oleh persoalan untuk kepentingan golongan penjabat dan kekuasaan membangun retrorika yang penuh kebijaksanaan mempermainkan anggaran pendidikan (BOS)aturan undang undang yang ideal membangun bangsa mestinya ditegakkan.
Manajemen sekolah
Penguasa ditingkat satuan pendidikan seenaknya mengambil kebijakan pengelolaan dana pendidikan dari Bos pusat, provinsi, kabupaten dan komite sekolah yang bersekongkol dengan kepala sekolah. Dalam kebijakannya kepala sekolah yang ditekan oleh kepala dinas pendidikan kabupaten, kepala dinas pendidikan kabupaten ditekan oleh Bupati untuk kompotisi pencitraannya bukan komptisi pendidikan anak bangsa.
Selama ini pengelolaan dana pendidikan dari Bos pusat, provinsi, kabupaten dan komite sekolah hanya untuk pencitraan(cendrung ABS sebab masih banyak pejabat kekanakan)memberikan tugas lomba lomba yang sering tanpa persiapan (CV Kredek) dananya dari mana sering membuat kepala sekolah ambil jalan pintas "ah dana kegiatan akademik digunakan dulu" administrasinya kan bisa diatur nota nota siluman bermunculan jika ada pemeriksaan sehingga hal hasil kepala sekolah beserta perangkat sekolah nyaman secara administratif pertanggungjawaban ke atas. Namun pada guru bagaimana pertanggungjawaban kepala sekolah? jarang sekali mengadakan rapat pengelolaan anggaran sekolah dan kejelasannya bagi guru-guru yang semangat mulai setengah hati
Kepengawasan
Jika ada pengawas datang ke sekolah sekolah jarang memberikan penbinaan bagi guru-guru yang masih punya hati mendidik. Selanjutnya dapat dibayangan pengawas hanya mengawasi debu di jendela Seharusnya jika kompotisi semestinya bukan hanya UN, beleganjur, gong kebyar dijadikan alasan penguatan budayalah yang sering tidak masuk akal dan mejurus menghabiskan dana pendidikan sangat besar dan tidak sesuai dengan Visi dan Misi sebatas slogan memajangkan keunggulan akademik semu sebatas administratif, nyatanya dana tersedot untuk pencitraan
Faktor internal