Mohon tunggu...
Putry JayaLaksono
Putry JayaLaksono Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Mahasiswa MBKM Kampus Mengajar angkatan 3

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Merajut Kisah di Ruang-Ruang Kelas Merdeka_SDN Lagadar 01_Kampus Mengajar Angkatan 3

14 November 2022   14:18 Diperbarui: 14 November 2022   14:21 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kampus Mengajar merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Bapak Nadhiem Makariem dengan adanya kebijakan Kampus Merdeka untuk menciptakan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar adalah proses menggali potensi terbesar para guru dan siswa untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri. Mandiri bukan hanya mengikuti proses birokrasi pendidikan, tapi benar-benar inovasi pendidikan. Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kegiatan mengajar di sekolah dari program Kampus Merdeka yang bertujuan membantu pembelajaran di sekolah terutama untuk SD di daerah 3T, menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, membantu adaptasi teknologi, membantu administrasi sekolah dan menjadi mitra guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam kegiatan  pembelajaran dan mengajar. Selain itu, mahasiswa Kampus Mengajar memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa. Selama kegiatan kampus mengajar 3 di SD Negeri Lagadar 01 ini dapat dikatan cukup berhasil dan bermanfaat bagi pihak sekolah dalam hal literasi, numerasi, administrasi dan Adaptasi teknologi, yang dapat dilihat dari hasil-hasil rancagan kegiatan / proker yang telah dilakukan selama ini. Adapun tujuan dari keikutsertaan mahasiswa dalam program Kampus Mengajar ini merupakan sebuah proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman di luar dunia perkuliahan, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan pendidikan di Indonesia serta mengikuti motivasi program kampus mengajar yaitu belajar sambil berdampak.

Tujuan dilaksanakannya program Kampus Mengajar adalah memberdayakan mahasiswa untuk membantu proses pengajaran di Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama di sekitar desa/kota tempat tinggalnya. Secara rinci, tujuan Program Kampus Mengajar adalah sebagai berikut:

  • Menanamkan empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan kemasyarakatan yang ada di sekitarnya
  • Mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama dalam lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi
  • Mengembangkan wawasan, karakter, dan softskill mahasiswa
  • Mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan melalui pendidikan yang unggul
  • Meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional melalui bidang pendidikan
  • Mendukung terwujudnya kecerdasan melalui berbagai peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan, perluasan akses, serta relevansi dalam penerapan teknologi sehingga mampu mewujudkan pendidikan kelas dunia dengan berdasar pada keterampilan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreatif.

SD Negeri Lagadar 01 merupakan sekolah yang beralamatkan di jalan irigasi Cikuya, Kampung Cikuya rt.005 Rw.015 Desa Lagadar Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung Kode Pos 40216, Provinsi Jawa Barat, Status Sekolah Negeri dengan Akreditasi B, NPSN 20205754 yang Kepala Sekolahnya bernama Ibu Yeti Rusiawati, S.Pd. dengan jumlah guru 12 orang (8 Orang berstatus PNS dan 4 orang berstatus non PNS) jumlah muridnya mencapai 465 (siswa laki-laki 256 orang dan siswa perempuan 209 orang), menggunakan kurikulum SD 2013, dengan ruang kelas 8 ruangan, 2 toilet dan 4 ruang kelas memiliki toilet di dalam kelas yang tidak dipakai, 2 ruang kantor 1 ruang gudang dan 1 ruang dapur). Awal pertemuan tatap muka sekitar tahun 2021 semester ganjil sekolah ini menjadi di marger dari yang asalnya 2 sekolah yakni SDN Lagadar 04 dan SDN Lagadar 01 menjadi satu sekolah yakni SDN Lagadar 01, sehingga pembagian jadwal masuk sekolah terbagi menjadi 2 rombel antara kelas A dan kelas B yang saling bergantian hari dan kelas sehingga masing-masing kelas tidak full satu minggu hadir ke sekolah karena jumlah murid yang banyak dan ruang kelas yang terbatas, untuk perpustakaan masih terletak di bagian-bagian kelas yang memiliki lahan kosong seperti di area pojok / belakang bangku paling ujung untuk menyimpan buku yang tersusun di rak buku. Sebelumnya sempat diceritakan bahwa ruang perpustakaannya terpisah tidak menyatu dengan sekolah namun lokasinya aga berjauhan dan belum beroperasi secara baik karena berada ditengah pemukiman warga yang sering kali ruangannya digunakan oleh kepentingan lain warganya. Untuk kegiatan ekstrakurikuler berfokus kepada kegiatan Pramuka yang rutin diadakan padan hari sabtu dan kegiatan mengaji bersama guru ngaji pada hari jum'at, 4 Maret 2022.

Rencana Program dan Kegiatan :

Melalui Program Kampus Merdeka Angkatan 3 ini, mahasiswa memiliki kegiatan yang menjadi tanggung jawab yaitu membantu kegiatan belajar mengajar khususnya berbasis literasi dan numerasi, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Rencana Program dan Kegiatan berdasarkan hasil observasi, diskusi dengan pihak sekolah, dan DPL. Adapun penjelasan dari masing-masing kegiatan tersebut, yakni sebagai berikut.

1. Kegiatan Mengajar

  • Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh kelompok KM3 di SDN Lagadar 01 dalam kegiatan pembelajaran mengajar Tim kami memiliki rencana kegiatan belajar Numerasi dan Literasi selain itu pula di SDN Lagadar 01 masih memerlukan proses belajar mengajar yang menyenangkan agar peserta didik mudah dalam memahami mata pelajaran.
  • Membantu guru dalam melakukan pembelajaran tatap muka di kelas.
  • Membuat media pembelajaran menarik berupa alat peraga maupun berbasis teknologi
  • Membawa perubahan bagi guru dan siswa dalam pembelajaran ke arah yang lebih baik.
  • Memperbaiki karakter siswa
  • meningkatkan minat siswa untuk belajar melalui outdoor learning, pembelajaran berbasis lingkungan, media yang telah kami buat baik bentuk fisik maupun bentuk teknologi dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang tersedia di sekolah seperti infocus dan layar proyektor.
  • Kelas pojok baca bagi siswa-siswi yang belum lancar membaca dan ingin membaca buku bacaan anak, Tim kampus mengajar 3 akan menyiapkan buku literasi anak dan buku baca yang disusun rapi pada tempat rak buku yang tersedia pada ruang kelas dan membantu mendampingi siswa belajar membaca bagi yang belum lancar membaca.

2. Membantu Adaptasi Teknologi

  • Observasi yang telah lakukan oleh tim KM 3 di SDN Lagadar 01, kegiatan yang direncana dalam membantu adaptasi teknologi ialah membantu menerapkan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi seperti power point interaktif yang ditayangkan pada saat pematerian di kelas, games interaktif yang menggunakan teknologi dan ditayangkan melalui infocus, dan melakukan pelatihan & post test AKM guna mengukur pemhaman literasi dan numerasi siswa melalui teknologi. Dalam kegiatan ini diharapkan guru dan siswa dapat memahami pembelajarn menggunakan IT yang dapat dilakukan  dalam ketersediaan teknologi yang ada dan kemudahan dalam IT.
  • Membantu guru dan siswa melek teknologi
  • Membantu penerapan sistem pembelajaran yang berbasis teknologi. Misalnya, penggunaan power point dan games interaktif dalam pembelajaran tatap muka di kelas.
  • melaksanakan AKM kelas bersama siswa kelas 5

3. Membantu Administrasi

  • Kegiatan Admnistrasi ini dilakukan untuk membantu guru dalam pendataan siswa, mengolah nilai siswa, membereskan buku-buku administrasi sekolah dari periode beberapa tahun lalu hingga sekarang yang berserakan belum tersusun rapi dan tercampur dengan buku literasi siswa di ruang-ruang kelas pada rak buku dan lemari buku, pelatihan pengolahan perpustakaan sesuai klasifikasi, dan kegiatan administratif yang akan berguna untuk kepentingan semua murid dan guru, dimana guru dapat memahami kegiatan administrasi dan akan berdampak terhadap para siswa.
  • Mengisi laporan pembelajaran tatap muka
  • Melengkapi perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, Bahan Ajar, Materi Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, Instrumen Evaluasi/Penilaian, dan Bahan Evaluasi Siswa
  • membantu guru membuat file data siswa pada microsoft excel
  • membantu operator sekolah mengupload data siswa kelas 6 untuk PPDB ke SMP sesuai zonasi.

Persiapan :

Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 terdiri dari kegiatan persiapan yang dilakukan mulai dari Pembekalan, Penerjunan, Observasi, dan Perencanaan Program.

Perencanaan Program

  • Berdasarkan hasil observasi, diskusi dengan pihak sekolah dan DPL, dalam program kampus mengajar 3 ini dilakukan penyusunan rancangan kegiatan program diantaranya sebagai berikut :
  • Mahasiswa menyusun rancangan kegiatan selama penugasan berdasarkan hasil observasi sekolah mengenai kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan, metode yang akan diterapkan dan model pembelajaran yang akan diterapkan, kelengkapan administrasi pembelajaran dan kegiatan adaptasi teknologi oleh mahasiswa kepada guru dan siswa
  • Mahasiswa mengkonsultasikan rancangan kegiatan pada Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
  • Mahasiswa meminta persetujuan rancangan kegiatan kepada Dosen Pembimbing lapangan dan mengagendakan sharing session disetiap akhir pekannya untuk evaluasi dan saran
  • meningkatkan minat siswa untuk belajar melalui outdor learning, pembelajaran berbasis lingkungan, media yang telah kami buat baik bentuk fisik maupun bentuk teknologi dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang tersedia di sekolah seperti infocus dan layar proyektor
  • Mengadakan kelas pojok baca bagi siswa-siswi yang belum lancar membaca dan ingin membaca buku bacaan anak, Tim kampus mengajar 3 akan menyiapkan buku literasi anak dan buku baca yang disusun rapi pada tempat rak buku yang tersedia pada ruang kelas
  • Membantu adaptasi teknologi dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti power point interaktif yang ditayangkan pada saat pematerian di kelas, games interaktif yang menggunakan teknologi dan ditayangkan melalui infocus
  • Melakukan pelatihan & post test AKM guna mengukur pemhaman literasi dan numerasi siswa melalui teknologi. Dalam kegiatan ini diharapkan guru dan siswa dapat memahami pembelajarn menggunakan IT yang dapat dilakukan  dalam ketersediaan teknologi yang ada dan kemudahan dalam IT
  • Membantu Administrasi seperti melengkapi data siswa, perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, Bahan Ajar, Materi Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, Instrumen Evaluasi/Penilaian, dan Bahan Evaluasi Siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun