PENDAHULUAN
Pandemi covid-19 telah melumpuhkan sebagian besar aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan. Saat ini pendidikan telah memasuki era baru yaitu era new normal. Pada era ini pendidikan memiliki kebiasaan baru dalam melaksanakan pembelajaran, seperti belajar secara daring (online), sehingga pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh antara guru dan peserta didik.
Pembelajaran jarak jauh pada era new normal bukanlah hal yang mudah. Sebab seorang guru dipaksa untuk menambah keterampilannya dalam menggunakan metode pembelajaran dan penyajian materi dengan menggunakan media online. Namun disisi lain, dengan adanya metode pembelajaran secara online ini bukan saja memberikan tantangan baru terhadap guru saja, melainkan juga terhadap para peserta didik.Â
Tantangan yang harus dihadapi tersebut baik secara teknis (permasalahan internet) maupun non teknis (Suprapno, dkk, 2021:26). Oleh karena itu, pembelajaran jarak jauh pada era new normal ini memberikan suatu permasalahan baru dalam dunia pendidikan yang harus dihadapi dan diselesaikan oleh seluruh komponen dalam aspek pendidikan.
ISI
Adanya pandemi covid-19 memberikan dampak yang besar di kehidupan manusia di dunia, salah satunya pada di bidang pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka terpaksa ditiadakan demi menyelamatkan individu-individu dari serangan virus corona. Mendikbud mengatakan kondisi Pandemi COVID-19 tidak memungkinkan kegiatan belajar mengajar berlangsung secara normal.Â
Terdapat ratusan ribu sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran, sekitar 68 juta siswa melakukan kegiatan belajar dari rumah, dan sekitar empat juta guru melakukan kegiatan mengajar jarak jauh.
Pendidikan di era new normal ini membawa banyak perubahan, terutama pada proses integrasi teknologi digital dalam proses belajar mengajar jarak jauh. Dalam praktiknya, pembelajaran jarak jauh secara online memiliki beberapa kelebihan seperti efisiensi tempat dan waktu pembelajaran. Selain itu, pembelajaran jarak jauh ini membuat peserta didik dapat mengeksplor lebih dalam dan meningkatkan pemahaman materi serta memperluas sumber bahan ajar ataupun menambah aktivitas belajar (Fatwa, A. 2020: 20-30).
Selain memberikan dampak positif, perubahan pembelajaran pada era new normal ini menimbulkan beberapa kendala yang disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, diantaranya guru kesulitan dalam mengelola pembelajaran jarak jauh tersebut dan masih terfokus dalam penuntasan kurikulum.Â
Sementara itu, tidak semua orang tua mampu mendampingi anak-anak belajar di rumah dengan optimal karena mereka harus bekerja dan sebagian orang tua kurang memiliki kemampuan sebagai pendamping belajar anak.Â
Para peserta didik juga mengalami kesulitan berkonsentrasi belajar dari rumah serta meningkatnya rasa jenuh yang berpotensi menimbulkan gangguan pada kesehatan jiwa (Dwi, dkk. 2020: 28-37). Oleh karena itu, baik pemerintah maupun guru diharapkan dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan optimal.