Bogor, [29/11/24] - Sejumlah mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi IPB University, mengimplementasikan ilmu penulisan kreatif mereka dalam proyek branding UMKM Teras Surabi Duren. Komunikasi Digital dan Media merupakan Program Studi Sarjana Terapan di Sekolah Vokasi IPB University. Pada setiap mata kuliahnya selalu diwujudkan dengan bentuk nyata. Hal ini terlihat jelas pada mata kuliah Penulisan Kreatif, pada mana kuliah ini mahasiswa diajak untuk langsung menerapkan ilmu yang mereka pelajari dengan membuat konten yang kreatif dan juga inovatif.
Bukan hanya sekedar mampu membuat konten yang kreatif, para mahasiswa juga ditantang untuk menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan yang kreatif. Dengan memanfaatkan kemampuan menulis kreatif yang mereka pelajari, mahasiswa berhasil merangkai kata-kata yang mampu menarik perhatian, membangkitkan emosi, dan meyakinkan audiens untuk mengambil tindakan tertentu dengan menciptakan konten-konten menarik di akun Instagram Teras Surabi Duren.
Teras Surabi Duren merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang kuliner dan menjadi pelopor pertama surabi duren di Bogor. Teras Surabi Duren sudah berdiri sejak tahun 2005. Pemilik UMKM ini adalah Effendi Mandai. Teras Surabi Duren memiliki tiga lokasi cabang yang berada di Bogor yaitu Tajur, Cikereteg, dan Cimande.
Fokus utama pada Teras Surabi Duren adalah membuat surabi dengan bahan yang berkualitas. Meskipun dari namanya identik dengan surabi duren, namun Teras Surabi Duren tidak hanya menawarkan surabi duren saja melainkan tetap menawarkan menu lain yaitu surabi dengan berbagai rasa seperti surabi telur mayo, surabi nangka, surabi cokelat dan varian topping lainnya.
Tim yang terdiri dari 6 orang mahasiswa yakni Fakhri Ghani Ramadhani, Ginandita Novi Andhini, Putri Yuliadisti, Natahiela Anya Jeconia Manoppo, Andika Prasetya, dan Indra Nur Ramadhansyah telah berhasil menjalankan proses branding untuk akun Instagram Teras Surabi Duren.
“Tujuan utama dari proyek branding yang kami lakukan bersama UMKM Teras Surabi Duren adalah untuk meningkatkan brand awareness, dengan memperkenalkan Teras Surabi Duren kepada calon konsumen dan mempertahankannya kepada pelanggan maka identitas merek Teras Surabi Duren akan mudah diingat. Tidak hanya itu fokus kita juga pada meningkatkan engagement dan mendorong penjualan. Salah satu cara untuk meningkatkan engagement adalah dengan melakukan interaksi dengan konsumen dan bonus dari proyek branding ini dapat mendorong penjualan pada Teras Surabi Duren” Ujar Fakhri Ghani, salah satu anggota kelompok tersebut ketika kami berdiskusi untuk merencanakan pembuatan konten branding.
Kolaborasi antara mahasiswa Komunikasi Digital dan Media dengan UMKM Teras Surabi Duren dapat menciptakan kreativitas dan inovasi yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan promosi UMKM. Dengan penulisan kreatif, mahasiswa tidak hanya mengembangkan potensi diri namun juga berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H