Mohon tunggu...
Putri Vania Iftatunnisa
Putri Vania Iftatunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Jakarta

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta angkatan 2021

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Penerapan IMC untuk Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

25 Juni 2023   14:54 Diperbarui: 10 Juli 2023   22:22 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Integrated Marketing Communications atau IMC sebuah konsep perencanaan pemasaran yang digunakan untuk mengevaluasi peran strategi dari disipin komunikasi. IMC berkaitan dengan identifikasi target audiens, merancang isi pesan, memilih media untuk komunikasi dan mengukur efektivitas usaha. Komunikasi efektif membantu jalannya pesan yang disampaikan dan mendapatkan respon dari penerima pesan. IMC memberikan dampak positif pada kreativitas serta kontribusi nyata sebagai media promosi dalam bidang komunikasi.

Integrated Marketing Communications menjadi strategi baru dalam pemasaran agar seluruh program dari pemasaran lebih teroganisir dan tidak berjalan sendiri, konsep pemasaran IMC telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Perkembangan teknologi kini mempengaruhi target audiens untuk memilih produk atau brand karena dilengkapi oleh teknologi cerdas berbasis internet sehingga untuk mendapatkan informasi cepat dan mudah. Terdapat tools dalam IMC diantaranya periklanan, promosi penjualan, personal selling, sponsorship, direct selling, hubungan masyarakat, dan exhibitions. Tools tersebut dapat digunakan perusahaan untuk membangun dan meningkatkan brand awareness.

Brand Awareness (kesadaran merek) mengenali kembali suatu brand sebagai bagian dari produk atau jasa tertentu, singkatnya konsumen mengingat sebuah brand yang disampaikan oleh perusahaan. Konsumen dapat mengidentifikasi sebuah brand dari nama brand, logo, karakter, simbol, kemasan, dan slogan. Salah faktor yang penting agar mendapatkan perhatian dari konsumen yaitu ketersediaan informasi berupa informasi tentang produk, jenis produk, kualitas, kuantitas, maupun spesifikasi produk yang diminati konsumen. Dalam memasarkan produk perusahaan harus mengetahui cara memilih sasaran dan mengelola usaha yang tepat serta efektif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun