PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL
Assalamu'alaikum Wr Wb.
Salam Bapak/Ibu Guru Hebat Indonesia.
Pembelajaran Sosial dan Emosional merupakan bagian dari modul 2 yang  bertujuan menguatkan paradigma dan praktek pembelajaran yang berpihak pada murid.
 Di Modul 2.1 -- Pembelajaran Berdiferensiasi , kita mempelajari bagaimana mendesain pengalaman belajar dan lingkungan belajar dengan menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid agarmurid dapat mencapai tujuan pembelajarannya.
Sedangkan di Modul 2.2 -- Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE), mempelajari bagaimana menciptakan pengalaman dan lingkungan belajar yang memperhatikan kebutuhan sosial dan emosional murid.
Mengapa PSE semakin mendesak untuk kita terapkan dan praktikkan?
Sebagai pendidik kita tentu memahami serta menyadari pentingnya perkembangan murid secara holistik, bukan hanya intelektual, tetapi juga fisik, emosional, sosial, dan karakter.
Beberapa kasus yang sering kita dengar atau bahkan terjadi dilingkungan sekitar adalah kasus perundungan (bullying), tawuran, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, pernikahan usia dini dan kehamilan di bawah usia, murid yang memiliki motivasi belajar
rendah hingga putus sekolah, murid dengan gangguan emosional seperti stres,
kecemasan, depresi, bahkan kasus bunuh diri pada usia remaja, dan lain sebagainya . Permasalahan permasalahan ini  menunjukkan masih lemahnya perkembangan sosial dan emosional para murid kita.