Tahun 2016 lalu, seorang pengusaha asal Tiongkok bernama Zhang Yiming meluncurkan sebuah aplikasi Tiktok. TikTok adalah platform sharing video singkat yang sebelumnya mempunyai nama Musical.ly. Aplikasi ini sempat viral di Indonesia pada tahun 2018, namun pada bulan Juli tahun 2018 Â Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir aplikasi ini karena di anggap tidak memberikan konten yang mendidik. Namun selang sebulan setelah pemblokiran itu, Â aplikasi tersebut kembali dapat diunduh dan digunakan. Hingga kini di tahun 2022 Â aplikasi Tik Tok makin eksis dan sudah di unduh lebih dari 1 miliar orang. Sangat banyak sekali bukan?
Aplikasi Tik Tok kini bukan hanya untuk melihat konten video yang tidak mendidik seperti masa yang dulu. Namun aplikasi Tiktok kini dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal termasuk berbisnis. Karna tiktok kini sedang menjadi aplikasi kekinian yang besar pasarnya, mulai dari anak SD hingga lanjut usia. Di Tiktok orang orang dapat mengekspresikan dirinya, dengan mengupload konten video kreatif yang menghibur seperti mengikuti challenge yang sedang viral, menari, bernyanyi, lipsync lagu, akting, tutorial makeup, pendidikan, resep masakan, pengetahuan, dan masih banyak lagi. Hal tersebutlah yang membuat orang orang merasa betah untuk membuka aplikasi tersebut. Rata-rata pengguna TikTok menggunakan aplikasi ini selama 52 menit per hari. Â maka dari itu jika untuk membuka bisnis, promosi di tiktok adalah salah satu pilihan untuk melakukan bisnis semakin lancar.
TikTok for Business adalah fitur baru untuk membantu perusahaan atau masyarakat untuk melakukan  pengenalan merek atau brand produk dengan cara kreatif dan menarik. Fitur ini di rilis tahun 2020 lalu, TikTok for Business memiliki sejumlah tools agar tim pemasaran bisa mempromosikan merek mereka dan berinteraksi dengan pengguna platform tersebut. Fitur baru dari tiktok ini sangat booming dan menjadi perhatian brand dan marketer.
TikTok merupakan platform dengan konsep yang cukup baru. Untuk dapat memaksimalkan penggunaan Tiktok for Business, para pembisnis harus memahami betul fitur - fitur yang ada di aplikasi Tiktok. salah satu cara termudah dan paling murah untuk mempromosikan bisnis dengan dapat  mengerti cara menggunakannya, termasuk cara edit video dengan editor yang sudah ada di TikTok sendiri. Salah satu manfaat terbesar TikTok adalah Anda tidak perlu membuat video dengan modal kamera dan lainya, melainkan cukup menggunakan handphone. , buatlah konten yang terasa dekat dengan penonton, tidak terlalu serius ataupun kaku, dan bisa menghadirkan sisi atau perspektif lain dari brand-mu.
Di aplikasi TikTok para konten creator memiliki batas durasi video maksimal 1 menit. Durasi terbatas ini perlu Anda manfaatkan dengan baik, jangan hanya buat posting video iklan saja. Sampaikan nilai-nilai tertentu dalam tiap konten supaya menarik dan diminati target pemasaran Anda.Dan untuk menyebar luaskan hasil video dapat melakukan cara menyurutkan sesuai dengan hashtag yang trending. Penggunaan hashtag ini akan membantu  sekali untuk konten pemasaran bisnis.  Semakin memperhatikan hashtag, memungkinan penambahan angka followers akun bisnis anda. Melalui hashtag juga, kalian dapat  melihat dan menentukan competitor bisnis Anda. Namun, Anda perlu hindari hashtag yang terlalu umum dan populer. Penggunaan hashtag populer akan membuat konten Anda terkubur. Gunakan saja hashtag yang relevan, jangan terlalu menggunakan banyak hashtag seperti  seperti di Instagram. tambahkan  juga hashtag #fyp agar muncul di halaman depan pengguna.
Dalam menjalani sebuah bisnis Memiliki strategi yang tepat merupakan salah satu hal terpenting. Begitu pula dengan meningkatkan penjualan bisnis online melalui aplikasi TikTok. Segalanya perlu Anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan target pasar agar hasilnya lebih maksimal.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H