Mohon tunggu...
Putri AlRiva
Putri AlRiva Mohon Tunggu... Administrasi - staff

never try never know

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

5 Cara Gampang Jago Ngomong di Depan Umum, Nomor 3 Jarang Orang Tahu

9 Januari 2023   15:54 Diperbarui: 9 Januari 2023   16:00 301
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

5 Cara Gampang Jago Ngomong di depan Umum, Nomor 3 jarang orang tahu.

( UAS Public Speaking Dr. Geofakta Razali )

Ngomong di depan umum atau  yang biasa disebut public speaking memang tidak mudah, tapi disini saya Putri Al Riva yang juga merupakan seorang peminat komunikasi dan Praktisi public speaking akan berbagi tips 5 cara gampang buat jadi public speaker.

Yap. Saya Putri Al Riva, saya seorang staff quality di salah satu perusahaan swasta ternama di Jakarta. Walaupun setiap harinya saya selalu berbicara di depan umum baik itu memimpin rapat, menjadi master of ceremony ( MC ), sharing knowledge atau bahkan sesekali mejadi seorang tenaga pendidik tidak menutup kemungkinan kekurangan diri saya kembali muncul yaitu tidak percaya diri terutama saat diminta speak up dadakan.

Namun dari kekurangan itu, ternyata saya tahu kelebihan saya yang suka tantangan  dan  dari kekurangan itu saya pun belajar bagaimana saya siap kapan pun dan dimanapun  menjadi seorang public speaker. Ketidak percayaan diri saya saat diminta menjadi MC atau sharing knowledge dadakan itu biasanya disebabkan oleh materi yang kurang saya pahami dengan waktu yang singkat. Nah untuk itu saya terus meningkatkan kompetensi saya, bagaimana saya bisa menjadi seorang professional public speaker kapanpun dan dimanapun.

Proses belajar ini tidak sebentar, latihan, praktek serta mengikuti pelatihan public speaking bersama master coach Alvin Adam School of Communication dan Executive Director Tantowi Yahya Public  speaking School juga saya jalani karena saya tau ilmu komunikasi terutama Public speaking ini banyak sekali manfaatnya.

Untuk itu saya ingin berbagi 5 cara gampang jago ngomong di depan umum.

1. Rileks dan Tenangkan diri sebelum berbicara

Merasa nervous sebelum berbicara di depan umum sebenarnya memang hal yang lumrah. Hal ini adalah sebuah respon tubuh secara alamiah. Namun tentunya, rasa gugup yang berlebihan jangan menghancurkan performa.

Cobalah hal hal yang membuat diri anda tenang seperti menarik nafas dalam dalam dan mulai melihat kesemua arah sambil tersenyum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun