Mohon tunggu...
Putri PatriaKusumastuti
Putri PatriaKusumastuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Awardee Beasiswa Unggulan 2017 di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Traveling, Photography, Motivation's related things.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

17 April 2021   15:50 Diperbarui: 17 April 2021   15:50 778
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Dalam penulisan karya ilmiah, daftar isi merupakan bagian yang amat penting. Namun, pasti sulit dan memusingkan jika kita membuat daftar isi secara manual (apalagi para mahasiswa semester akhir yang sedang berjuang dengan skripsi dan pe-revisian-nya itu). Maka dari itu disini saya akan berikan Tips dan cara untuk kalian semua dalam membuat daftar isi secara otomatis dengan mudah dan cepat.

Hasil yang akan diperoleh nantinya kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

Secara ringkas, langkah-langkah membuat daftar isi otomatis adalah sebagai berikut:

  • Blok judul atau subjudul.
  • Pilih tipe Heading yang diinginkan.
  • Atur style pada Heading yang dipilih.
  • Lakukan kembali langkah 1-3 pada judul atau subjudul lain.
  • Sisipkan halaman untuk daftar isi.
  • Masukan Daftar isi (Table of Contents) melalui tab References dan pilih jenis Daftar Isi sesuai yang diinginkan.
  • Update konten pada Daftar Isi.
  • Sesuaikan format tulisan pada Daftar Isi.
  • Simpan Dokumen.

Detail lebih lengkapnya ada dibawah ini:

Langkah-Langkah Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

1. Blok judul atau subjudul

Langkah pertama adalah dengan memblok judul atau subjudul yang diinginkan.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
2. Pilih tipe Heading yang diinginkan

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Kamu bisa pilih style Heading 1 untuk Judul, Heading 2 untuk Subjudul, dan Heading 3 untuk Sub Sub Judul.

3. Atur style pada Heading yang dipilih

Setelah memilih style Heading, kamu bisa menyesuaikan format penulisannya dengan format penulisan yang kamu inginkan dengan cara klik kanan pada Heading terpilih kemudian pilih Modify.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Pada jendela yang muncul, kamu bisa mengatur style heading sesuai dengan keinginan, dibawah ini adalah contoh pengaturan style yang biasa digunakan pada penulisan skripsi maupun makalah.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
4. Lakukan kembali langkah 1-3 pada judul atau subjudul lain

Lakukan kembali Langkah 1-3 pada judul, subjudul, atau sub sub judul lain hingga halaman terakhir dokumen kamu.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
5. Sisipkan halaman untuk daftar isi 

Kamu bisa melewati tahap ini jika sudah menyiapkan halaman untuk Daftar Isi. Namun, jika belum kamu bisa menambahkan halaman untuk Daftar Isi dengan memilih tab Insert, kemudian pilih Blank Page. Setelah itu, akan muncul halaman kosong baru pada dokumen kamu dan bisa langsung menambahkan judul pada halaman tersebut, contohnya seperti gambar dibawah ini:

Dok. pribadi
Dok. pribadi
6. Masukan Daftar isi (Table of Contents) melalui tab References dan pilih jenis Daftar Isi sesuai yang diinginkan

Langkah berikutnya adalah pilih tab References lalu klik bagian Table of Contents dan pilih jenis daftar isi antara Automatic Table 1 dan Automatic Table 2.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
7. Update konten pada Daftar Isi (Jika diperlukan)

Jika terdapat perubahan dokumen yang membuat urutan halaman berubah, bertambah, maupun berkurang ataupun nama judul dan subjudul berubah, maka kamu harus memperbaharui daftar isi yang dibuat agar tetap sesuai. Untuk memperbaharui halaman, kamu cukup klik tombol Update Table pada halaman daftar isi.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Selanjutnya akan diberi 2 pilihan yaitu update page numbers only dan update entire table.

Update Page Number Only

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Menu ini digunakan jika tidak terdapat perubahan judul, namun hanya terdapat penambahan tulisan saja sehingga membuat halaman pada dokumen kamu bertambah atau berkurang. Menu ini akan memperbaharui nomor halamannya saja sesuai dengan perubahan yang dilakukan.

Update Entire Table

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Menu ini digunakan jika terdapat perubahan pada isi dan nama judul atau sub judul pada dokumen. Menu ini akan memperbaharui judul yang ada pada daftar isi sekaligus perubahan nomor halaman.

8. Sesuaikan format tulisan pada Daftar Isi

Setelah melakukan seluruh tahap diatas maka daftar isi kamu akan akan muncul lengkap dengan nomor halamannya. Namun biasanya format yang muncul adalah format default seperti ini.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Untuk menyesuaikannya, kamu bisa blok seluruh bagian pada daftar isi dan atur formatnya sesusai dengan format penulisan yang kamu inginkan.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
9. Simpan Dokumen

Langkah terakhir adalah jangan lupa untuk save dokumen kamu agar perubahannya tersimpan dan tidak hilang.

Selesai deh dan daftar isi pada dokumen kamu berhasil dibuat secara otomatis dengan mudah dan cepat.

Created by: Putri Patria Kusumastuti, Penerima Beasiswa Unggulan 2017 di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun